Dugaan Pembuangan Limbah B3 Sembarangan, Kadinkes BU Sebut Hanya Tercecer

Dugaan Pembuangan Limbah B3 Sembarangan, Kadinkes BU Sebut Hanya Tercecer

Kepala Dinkes Bengkulu Utara menanggapi dugaan limbah B3 dibuang sembarangan.-Foto : Firdaus Effendi-Radar Lebong

BENGKULU UTARA, radarlebong.com - Dugaan pembuangan Limbah B3 sembarangan di sekitar lingkungan Puskesmas Napal Putih. 

Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Utara, Syamsul Ma'arif akhirnya angkat bicara. Dikatakannya, jika itu hanya tercecer, bukan dibuang sembarangan.

"Saya tidak menyangka hal seperti itu bisa terjadi, karena saat diklarifikasi mengaku hanya limbah medis B3 satu atau dua yang tercecer dari pengambilan pihak ketiga atas limbah yang dilakukan baru baru ini. Namun melihat temuan awak media, ini jelas sangat banyak limbah B3 yang dibuang sembarangan. Kami akan memberikan teguran keras, secara tertulis," terangnya.

Diakuinya, Puskesmas Napal Putih ini sudah difasilitasi tempat penyimpanan limbah B3, ditambah lagi sudah adanya kerjasama dengan pihak ketiga yakni PT Hijau Elang Bengkulu Sejahtera untuk pengambilan limbah tersebut.

Meski demikian, pihaknya akan terus melakukan pembinaan untuk pengelolaan limbah medis dan non medis serta limbah rumah tangga agar sesuai dengan SOP. Namun dengan temuan ini, jelas sangat tidak wajar.

BACA JUGA:Ngeri , Limbah B3 Berserakan di Lingkungan Puskesmas Napal Putih

"Kepala Puskesmasnya nanti saya mintai penjelasan dan klarifikasi lagi. Maklum, Kepala Puskesmas juga masih baru belum sebulan menjabat," jelas Kadinkes.

Sementara itu, Kapolres Bengkulu Utara AKBP Andy Pramudya Wardana, S.Ik melalui Kasat Reskrim AKP Teguh Aji, S.Ik, menyatakan telah menerima informasi ini. 

Pihaknya langsung menerima arahan dari pimpinan untuk menindaklanjutinya dengan membuat perencanaan untuk dilakukannya pengecekan di TKP.

"Kita sudah buat perencanaan untuk menindaklanjuti informasi ini, kami akan terjun ke TKP guna melakukan pengecekan," singkat Kapolres.

Disisi lain, Kapolsek Napal Putih Iptu Andra, SH, ketika dikonfirmasi awak media, mengaku tidak mengetahui informasi ini. 

Kendati demikian, atas informasi ini, pihaknya akan segera langsung menegur pihak Puskesmas untuk mengikuti petunjuk sesuai dengan aturan atas penanganan limbah medis B3. 

Ia pun mengakui, jika limbah medis B3 ini dibuang sembarangan seperti yang menjadi temuan awak media, jelas sangat membahayakan masyarakat.

"Terimakasih informasinya, kami akan tindaklanjuti dan menegur pihak Puskesmas untuk lebih mengawasi dalam penanganan limbah medis ini. Karena, jelas limbah ini sangat berbahaya bagi masyarakat jika dibuang sembarangan," singkat Andra.

BACA JUGA:Jangan Buang Sampah Sembarangan, Apalagi Limbah Medis

Terpisah, Kepala Desa Air Tenang Kecamatan Napal Putih Kabupaten BU, Helman, saat dikonfirmasi terkait ulah pihak Puskesmas yang membahayakan masyarakat atas dibuang sembarangannya limbah medis B3 tersebut, ia pun terkejut. 

Pihaknya akan melakukan pengecekan uga ke lokasi, dan meminta pihak Puskesmas agar lebih waspada atas limbah medis ini. 

"Kami akan tegur juga, karena ini jelas akan membahayakan masyarakat desa kami. Kalau seperti ini, sudah tidak benar. Semestinya, Puskesmas itu memberikan kesehatan untuk masyarakat, dengan dibuangnya limbah medis sembarangan, tentunya akan membahayakan sekali. Ini jelas akan kami tegur pihak Puskesmasnya," demikian Kades.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan Kepala Puskesmas Napal Putih, Junianto belum dapat dikonfirmasi. Bahkan, saat dihubungi melalui ponselnya belum juga mendapat jawaban. (aer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: