Fakta-Fakta Penting Terkait Mpox Alias Cacar Monyet

Fakta-Fakta Penting Terkait Mpox Alias Cacar Monyet

Mpox Alias Cacar Monyet-foto:tangkapan layar-

RADARLEBONG.ID- Secara historis, kasus mpox alias cacar monyet jarang terjadi di luar Afrika. Namun, secara global, kasus ini mulai melonjak secara signifikan pada Mei 2022. 

Menanggapi naiknya kasus mpox, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyatakan wabah ini sebagai Situasi Darurat Global, menyoroti penyebaran virus yang cepat dan potensi dampak kesehatan yang parah.

Vinod Balasubramaniam, Senior Lecturer, Microbiology, Jeffrey Cheah School of Medicine and Health Sciences, Monash University Malaysia, mengulas fakta-fakta virus mpox.

Menurutnya, dinamika penularan virus Virus cacar monyet menular dalam berbagai cara, termasuk dari manusia ke manusia sebagai penularan yang paling signifikan.

BACA JUGA:Hilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Gunakan Bahan Alami Tanpa Efek Samping

Penularan ini biasanya melibatkan kontak langsung dengan lesi atau cairan tubuh dari individu yang terinfeksi, terutama saat berhubungan intim.

Penularan virus cacar monyet juga bisa melalui percikan droplet saat melakukan tatap muka yang berkepanjangan dengan orang yang terinfeksi.

Selain itu, permukaan benda-benda yang terkontaminasi pun juga dapat menjadi perantara penyebaran virus cacar monyet.

Adapun penularan dari hewan ke manusia merupakan transmisi virus yang paling rawan.

Penularan ini seringkali terjadi tanpa sadar lewat kontak langsung dengan hewan-hewan yang terinfeksi, seperti hewan pengerat atau primata, terutama di wilayah dengan masyarakat yang kerap mengkonsumsi daging hewan liar.

Bahkan, muncul pula laporan bahwa penularan virus mpox juga terjadi dari ibu ke janin yang dikandungnya.

Epidemiologi atau pemahaman terhadap virus mpox telah mengalami pergeseran sejak wabah merebak pada Mei 2022.

Kasus mpox tercatat meningkat secara signifikan pada laki-laki yang berhubungan intim dengan sesama jenis, sehingga memicu dinamika penularan.

Adapun beberapa gejala yang mengindikasikan gejala mpox adalah demam, pembesaran, kelenjar getah bening, dan ruam kulit dengan wujud yang khas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: