Cacar Monyet: Sejarah, Gejala, Penularan, dan Langkah-langkah Pencegahan yang Wajib Diketahui

Cacar Monyet: Sejarah, Gejala, Penularan, dan Langkah-langkah Pencegahan yang Wajib Diketahui

Cacar Monyet Sejarah, Gejala, Penularan, dan Langkah-langkah Pencegahan yang Wajib Diketahui--ilustrasi

RADARLEBONG.ID - Cacar monyet atau monkeypox adalah penyakit zoonosis yang jarang terjadi, tetapi memerlukan pemahaman mendalam.

Wabah penyakit cacar monyet pada 14 Oktober 2023 lalu, dialami oleh dua warga jakarta. Temuan ini, diungkap oleh Tim Kerja Direktorat Surveilans dan Karantina Kemenkes.

Dilansir dari situs litbang Kemenkes, Cacar monyet pertama kali mencuat pada tahun 1958 ketika kasus penyakit yang menyerupai cacar muncul pada koloni monyet yang dipelihara untuk tujuan penelitian. Inilah yang melatarbelakangi nama penyakit ini, cacar monyet atau monkeypox.

Kasus pertama infeksi cacar monyet pada manusia tercatat pada tahun 1970 di Republik Demokratik Kongo. Sejak saat itu, penyakit ini telah menyebar ke berbagai negara di Afrika Tengah dan Barat, termasuk Kamerun, Republik Afrika Tengah, Pantai Gading, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Liberia, Nigeria, Republik Kongo, dan Sierra Leone.

BACA JUGA:Rekomendasi Makanan Penambah Nafsu Makan di Sini, Cuman Rp2.000, Malas Makan Kamu Dijamin Ambyar!

Gejala Cacar Monyet yang Harus Diwaspadai

Gejala cacar monyet pada manusia umumnya mirip dengan cacar air, meskipun cenderung lebih ringan. Gejala awal biasanya melibatkan demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan.

Namun, perbedaan utama antara cacar monyet dan cacar air adalah kemunculan pembengkakan pada kelenjar getah bening (limfadenopati) pada cacar monyet. Cacar air, pada umumnya, tidak menunjukkan gejala ini.

Masa inkubasi cacar monyet, yaitu jangka waktu antara paparan virus dan timbulnya gejala cacar monyet, berkisar antara 6 hingga 13 hari, meskipun pada beberapa kasus, masa inkubasi cacar monyet dapat mencapai 21 hari.

Dalam beberapa hari setelah timbulnya gejala awal, pasien dengan cacar monyet akan mengalami ruam pada kulit, dimulai dari wajah dan menyebar ke seluruh tubuh.

Perjalanan penyakit cacar monyet biasanya berlangsung selama 2 hingga 4 minggu. Di benua Afrika, cacar monyet telah terbukti menyebabkan kematian pada 1 dari 10 orang yang terinfeksi penyakit cacar monyet. Oleh karena itu, deteksi dini dan perawatan yang tepat sangat penting.

BACA JUGA:Alami Maag Akut? Ini Dia Makanan yang Tepat untuk Dikonsumsi

Penularan dan Penyebaran Cacar Monyet

Virus cacar monyet dapat menyebar melalui berbagai cara. Penularan cacar monyet terjadi ketika seseorang bersentuhan dengan hewan yang terinfeksi Virus cacar monyet, individu yang telah terinfeksi, atau bahan yang terkontaminasi oleh virus tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: