Tips Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat untuk Mums

Tips Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat untuk Mums

Tips Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat untuk Mums-foto :freepik-

Efektivitas Metode Kontrasepsi

Berbagai metode kontrasepsi memiliki tingkat efektivitas yang berbeda. Berikut adalah beberapa metode dengan tingkat efektivitas tinggi:

-Implan: Lebih dari 99% efektif dalam mencegah kehamilan.

- IUD Hormonal dan Non-Hormonal: Memiliki tingkat efektivitas yang sangat tinggi dan dapat digunakan dalam jangka panjang.

- Suntik KB 3 Bulan: Efektif dalam mencegah kehamilan, namun kesuburan bisa membutuhkan waktu untuk kembali setelah penggunaan jangka panjang.

-Kontrasepsi Alami

Metode kontrasepsi alami seperti kalender dan amenore laktasi (menunda kehamilan dengan menyusui) semakin ditinggalkan karena efektivitasnya yang rendah.

Metode ini hanya cocok untuk mereka dengan siklus menstruasi yang sangat teratur. Setelah 6 bulan menyusui eksklusif, Moms disarankan untuk beralih ke metode kontrasepsi modern yang lebih efektif.

Setiap metode kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang terpenting adalah memilih alat kontrasepsi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi medis pribadi.

Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pilihan terbaik, serta jangan ragu untuk mencoba berbagai metode hingga menemukan yang paling cocok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: