Mantap! Lebong Kecipratan DAK Jalan Capai Rp18 Miliar

Mantap! Lebong Kecipratan DAK Jalan Capai Rp18 Miliar

Lebong Kecipratan DAK Jalan senilai Rp18 M--

RADARLEBONG.ID - Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (Dinas PUPR-Hub) Kabupaten Lebong kembali meraih Dana Alokasi Khusus (DAK) dalam sektor jalan untuk tahun 2024 mendatang.

Meskipun jumlahnya belum signifikan, terdapat peningkatan dibandingkan dengan DAK jalan yang diperoleh pada tahun 2023. 

DAK jalan tahun 2024 ini senilai Rp 18 Miliar, mengalami peningkatan sekitar Rp 3,1 Miliar dari DAK jalan tahun 2023 yang berjumlah Rp 14,9 Miliar.

Dana DAK jalan tahun 2024 akan difokuskan pada pembangunan 3 link jalan.

BACA JUGA:Libatkan TMMD, Jalan Sungai Lisai di Lebong Kembali Dilanjutkan

"Untuk tahun 2024, Dana Alokasi Khusus sektor jalan akan digunakan untuk pembangunan 3 link jalan, yaitu link Sukau Kayo - Plabai, Plabai - Suka Datang, dan satu link lainnya di wilayah Kecamatan Lebong Selatan," ungkap Kepala Dinas PUPR-Hub Lebong, Joni Prawinata, SE, MM.

Selain DAK di sektor jalan, pada tahun 2024 Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR-Hub Lebong juga mendapatkan alokasi APBN untuk pembangunan jaringan irigasi senilai Rp 5,7 Miliar.

Dana ini juga akan digunakan untuk proyek pembangunan 3 irigasi, masing-masing berlokasi di Kecamatan Lebong Selatan, Lebong Tengah, dan Kecamatan Lebong Atas.

Pembangunan infrastruktur irigasi ini diharapkan akan mendukung program MT-II yang saat ini tengah dikejar oleh Pemerintah Kabupaten Lebong.

BACA JUGA:KUR: Jalan Cepat Menuju Kesuksesan UMKM Tanpa Harus Berpikir Untuk Menjual Ginjal!

"Meskipun jumlah DAK yang kami terima jauh lebih rendah dari usulan sebelumnya yang mencapai Rp 100 Miliar," tambah Joni.

Dalam perbandingan dengan DAK tahun 2023, keseluruhan jumlah DAK yang diterima Dinas PUPR-Hub Lebong mengalami peningkatan.

Pada tahun 2023, DAK yang diterima hanya sebesar Rp 14,9 Miliar, itu pun hanya untuk sektor jalan.

"Untuk tahun 2024, total DAK yang diterima oleh Dinas PUPR-Hub mencapai Rp 23,7 Miliar," lanjut Joni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: