Menelusuri Gunung Raung: Keindahan, Misteri, dan Legenda di Jantung Jawa Timur

Menelusuri Gunung Raung: Keindahan, Misteri, dan Legenda di Jantung Jawa Timur

Menelusuri Gunung Raung Keindahan, Misteri, dan Legenda di Jantung Jawa Timur--wikimedia

RADARLEBONG.ID - Gunung Raung, sebuah gunung berapi kerucut yang menjulang di ujung timur Pulau Jawa, tidak hanya memukau dengan kecantikan alamnya yang mempesona, tetapi juga menghadirkan misteri dan legenda yang menjadikan gunung ini istimewa dalam sejarah geologis dan kultural Jawa.

Gunung Raung Berada di wilayah tiga kabupaten Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember, Gunung Raung adalah bagian dari Kompleks Pegunungan Ijen.

Dengan ketinggian mencapai 3.344 meter di atas permukaan laut, Gunung Raung menempati peringkat ketiga sebagai gunung tertinggi di Jawa Timur dan keempat di Pulau Jawa. Namun, pesona Gunung Raung tidak terbatas pada ketinggiannya saja.

Misteri dan Legenda Gunung Raung

Gunung Raung adalah rumah bagi berbagai misteri yang telah membungkus wilayahnya selama berabad-abad.

BACA JUGA:Gunung Kawi dan Ritual Pesugihan di Bawah Pohon Dewandaru

Bagi para pendaki dan pengunjung, gunung raung menjadi lebih menarik berkat kisah misteri yang diwariskan.

Pondok Sumur: Salah satu pos pendakian terkenal di Gunung Raung adalah Pondok Sumur. Pos ini terkenal karena sumur yang konon digunakan oleh seorang Pertapa Sakti. 

Meskipun sumur tersebut masih ada hingga kini, pendaki sering melaporkan mendengar suara derap kaki kuda yang misterius di belakang tenda, meskipun tak ada yang terlihat.

Pondok Demit: Pondok Demit adalah tempat di mana, pada hari-hari tertentu, wilayah ini menjadi sibuk seperti pasar, dengan alunan musik yang mengisi udara. Tempat ini tersembunyi di antara ilalang tinggi dan pohon perdu, menciptakan aura misteri.

Pondok Mayit: Pondok Mayit terkenal karena menyeramkan. Pada suatu masa, sebuah mayat ditemukan tergantung di pohon. Mayat tersebut adalah seorang bangsawan Belanda yang konon dibunuh oleh pejuang, dan kisah ini menambahkan aura misteri di tempat tersebut.

Pondok Angin: Pondok Angin adalah pos yang sangat dinantikan oleh pendaki karena menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Namun, angin yang sangat kencang di sana bisa membuat pendaki terpental ke jurang. Masyarakat setempat percaya bahwa ada suara kuda dan kereta kencana yang terdengar di wilayah ini.

BACA JUGA:Kisah Legenda di Gunung Lawu, Jejak Sejarah yang Tersembunyi di Puncak Gunung Lawu yang Membuat Anda Terpesona

Gunung Raung dan Legenda Kerajaan Macan Putih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: