Gempa Magnitudo 6.0 Guncang Tuban-Jawa Timur, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Magnitudo 6.0 Guncang  Tuban-Jawa Timur, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Tuban-Jawa Timur, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami -foto :tangkapan layar/bmkg-

RADARLEBONG.ID - Gempa baru-baru ini mengguncang wilayah Tuban, Jawa Timur, dengan kekuatan magnitudo 6,0 pada skala Richter.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa ini terjadi pada kedalaman 10 km sekitar pukul 11:22:45 WIB dengan lokasi 5.74 LS 112.32 BT.

Meskipun kekuatannya cukup tinggi dan kedalamannya signifikan, BMKG menyatakan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Namun, penting untuk tetap waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

BACA JUGA:Apakah Gempa Megathrust Pernah Terjadi & Bisa Picu Tsunami? Simak Penjelasannya

Gempa berkekuatan 6,0 dapat menyebabkan kerusakan pada bangunan dan infrastruktur, serta menimbulkan ancaman terhadap keselamatan masyarakat.

Oleh karena itu, penting untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat.

Masyarakat harus mengikuti petunjuk evakuasi yang disediakan oleh otoritas setempat dan mempersiapkan perlengkapan darurat seperti peralatan medis, makanan, dan air bersih.

Pihak berwenang, termasuk BMKG dan lembaga penanggulangan bencana, telah aktif dalam memberikan informasi dan panduan kepada masyarakat terkait gempa ini.

Langkah-langkah tanggap darurat sedang diambil untuk memastikan keselamatan publik dan memberikan bantuan kepada yang membutuhkan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: