Beda Hari Lahir Pancasila dan Kesaktian Pancasila, Begini Kisah di Balik Perbedaannya!

Beda Hari Lahir Pancasila dan Kesaktian Pancasila, Begini Kisah di Balik Perbedaannya!

Beda Hari Lahir Pancasila dan Kesaktian Pancasila, Begini Kisah di Balik Perbedaannya!--

RADARLEBONG.ID -  Dua tanggal yang sering dibicarakan dalam konteks Pancasila adalah Hari Lahir Pancasila, yang jatuh pada 1 Juni, dan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober.

Namun, tahukah Anda bahwa di balik perbedaan tanggal ini ada kisah-kisah yang begitu mendalam dari sejarah Bangsa Indonesia?

Mari kita telusuri perbedaan di balik dua peringatan penting Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila, untuk lebih memahami nilai-nilai yang menjadi pondasi bangsa Indonesia.

1. Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila adalah salah satu momen penting dalam sejarah Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 1 Juni.

Pada tahun 2016, pemerintah mengukuhkannya sebagai hari libur nasional melalui Keputusan Presiden No 24 Tahun 2016.

BACA JUGA:Sosok Ini Diduga Menjadi Dalang Tewasnya 7 Petinggi Militer Peristiwa G30SPKI, Innalillahi!

Peringatan ini mengacu pada tanggal 1 Juni 1945, saat Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, mengumumkan Pancasila dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Tak dapat dipungkiri bahwa dasar negara tidak bisa diciptakan dalam semalam. Dalam pidatonya, Soekarno mengungkapkan bahwa gagasan Pancasila melalui proses pemikiran yang matang dan berkepanjangan.

Ia bahkan memberikan contoh Sun Yat Sen, tokoh nasionalis China, yang memerlukan waktu puluhan tahun untuk mengembangkan gagasan San Min Chu I (nasionalisme, demokrasi, sosialisme) sebelum menjadi dasar negara China pada tahun 1912. Begitu juga dengan Pancasila, yang merupakan hasil pemikiran yang panjang dari Soekarno.

BACA JUGA:Selain Film Pengkhianatan G30S/PKI, 5 Film Ini Juga Membahas Tragedi G30S/PKI

Dalam sidang BPUPKI, Soekarno memperkenalkan 5 sila sebagai dasar Negara Indonesia. Kelima sila tersebut mencakup Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme dan Perikemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pidato tersebut menjadi tonggak bersejarah yang sekarang kita kenal sebagai Hari Lahir Pancasila. Walaupun melalui berbagai perdebatan dan kompromi, tidak semua rumusan sila Soekarno menjadi dasar Negara kita saat ini.

2. Hari Kesaktian Pancasila

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: