6 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mengurangi Resiko Kanker

6 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mengurangi Resiko Kanker

Manfaat minum kopi bagi kesehatan tubuh.--

4.Menjaga kesehatan liver

Penyakit seperti hepatitis, perlemakan hati, sirosis dan kanker hati yang bisa saja menyerang organ hati (liver) bisa dicegah dengan mengonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari.

Journal of Clinical Gastroenterology menjelaskan bahwa asupan kopi dapat membantu mengurangi lemak pada hati, hal ini disebabkan karena kandungan kimia pada kopi membantu proses detoksifikasi sel kanker pada hati.

5. Menjaga kesehatan otak

Berdasarkan beberapa penelitian, minum kopi bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak seperti mengurangi risiko mengalami demensia atau pikun. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu konsentrasi, meningkatkan kewaspadaan, memperbaiki suasana hati serta mengurangi risiko depresi.

Di sisi lain, jurnal Practical Neurology menjelaskan bahwa manfaat minum kopi dapat mencegah penurunan fungsi kognitif otak, penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

6. Mengurangi risiko kanker

Kopi juta memiliki manfaat menjaga kesehatan organ hati hingga mengurangi risiko terjadinya kanker pada organ hati.

Dari laman Harvard School of Public Health menjabarkan bahwa kopi bisa mempengaruhi perkembangan kanker, baik ketika permulaan sel kanker hingga kematiannya.

Hal ini disebabkan karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat mengganggu pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

American Cancer Society menjelaskan bahwa terdapat beberapa penelitian yang membuktikan manfaat kopi yang bisa mengurangi risiko pada beberapa jenis kanker, diantaranya:

·Kanker hati

·Kanker prostat

·Kanker endometrium

·Kanker mulut dan tenggorokan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: