5 Danau Unik Nan Cantik Ini Cuma Ada di Indonesia

5 Danau Unik Nan Cantik Ini Cuma Ada di Indonesia

Indonesia memiliki 5 danau unik nan cantik-foto : pixabay-


Danau Kawah Putih-foto : internet-

 

3. Danau Kawah Putih di Jawa Barat

Sesuai dengan namanya,  tanah yang berada di kawasan ini berwarna putih akibar bercampur dengan belerang.

Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau nya juga mempunyai warna putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung di dalamnya.

Pemandangan di Danau Kawah Putih ini sangat indah, namun berbeda dengan danau lainnya, air di danau ini tergolong beracun, karena mengandung asam dari aktivitas vulkanik di dasar danau. Jika Anda berkunjung ke sini perlu hati-hati dan jangan lupa gunakan masker agar tidak menghirup gas atau uap berlerang terlalu banyak.

4. Danau Paniai di Papua

Danau ini berada di Kabupaten Paniai yang berada pada posisi pegunungan tengah di pedalaman Propinsi Papua. Danau Paniai pernah dinobatkan sebagai danau terbaik dan terindah di dunia pada Konferensi Danau se Dunia di India, pada tahun 2007 lalu.


Danau Paniai-foto : internet-

Danau dengan luasan mencapai 14.500 hektare inipun memiliki pemandangan yang indah. Karena, di wilayah ini Anda juga  bisa menemukan beberapa spesies hewan langka asli Papua.

Sebut saja udang selingkuh (cherax albertisi), ikan karper (cyprinus carpio), kikan sembilan hitam dan ikan pelangi (melanotaenia ayamaruensis).

5. Danau Gunung Tujuh di Jambi

Terbentuknya danau vulkanik ini akibat letusan gunung kerinci yang membentuk kawah besar kemudian terisi oleh air hujan sehingga membentuk sebuah danau.

Danau inipun dinobatkan sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara karena berada di puncak ketinggian 1/950 meter dpl.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: