Warga Lebih Doyan Gunakan Gas Melon, Segini Jumlahnya dalam Setahun di Lebong

Warga Lebih Doyan Gunakan Gas Melon, Segini Jumlahnya dalam Setahun di Lebong

Per 1 Juni 2023, Pemprov Bengkulu resmi menaikkan HET gas lpg 3 kilogram seluruh kabupaten.-foto : adrian roseple/radar lebong-redaksi

RADARLEBONG.ID - Warga tampaknya lebih doyan menggunakan gas melon. Buktinya, berdasarkan data dari Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Lebong. Peredaran gas melon atau gas 3 kilogram dalam setahun bisa menembus ribuan ton.

Kepala Disperindagkop dan UKM Lebong, Mahmud Siam, SP, MM melalui Kabid Perdagangan, Arnaldi Sucipto, SP mengatakan jika jumlah tersebut di saluran pihak PT Pertamina terhadap  dua agen resmi yang tersebar di wilayah itu yakni agen Aboebisin dan agen Karang Nio.

"Selama satu tahun kebutuhan gas LPG 3 kg dari Pertamina untuk Kabupaten Lebong sebanyak 3.163 per ton," ungkap Arnaldi.

Disebutkannya, dari jumlah tersebut rata-rata penyalurannya sebanyak 22.000 per tabung setiap minggunya. Dengan estimasi selama 12 bulan yakni kurang lebih sebanyak 1.056 tabung.

BACA JUGA:Stok Aman, Harga Gas Melon Tembus Rp 28 Ribu

BACA JUGA:Makin Menggila, Giliran Gas Melon 3 Kilogram Mulai Langka

Hanya saja, untuk rata rata pemakaian gas elpigi ini banyak di gunakan masyarakat saat memasuki hari hari besar seperti Idul Fitri, Idul Adha dan Natal.

"Meski jumlah gas akan lebih banyak di gunakan di hari-hari tertentu, namun jumlahnya masih tetap aman," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya mengingatkan kepada seluruh pangkalan atau agen gas elpiji yang berada dalam wilayah Kabupaten Lebong.

Agar tidak menjual gas elpiji di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sudah ditetapkan Pemerintah Provinsi Bengkulu, yakni sebesar Rp 17.800.

Jika nantinya terdapat pedagang yang menaikan harga diatas HET, maka akan dikenaikan sanksi tegas sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan.

"Guna menjamin kestabilan harga yang dimaksud tetap terpantau normal, kami akan terus melakukan pengawasan terhadap ketersediaan pasokan gas elpiji 3 kg dalam wilayah Kabupaten Lebong.

Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi supaya tidak adanya oknum yang memanfaatkan situasi hanya untuk menaikan harga," pungkasnya. (wlk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: