MUI Temukan Dugaan Penyimpangan Ponpes Al Zaytun, Wapres Ma'ruf Amin Angkat Bicara

 MUI Temukan Dugaan Penyimpangan Ponpes Al Zaytun, Wapres Ma'ruf Amin Angkat Bicara

Mui Temukan Penyimpangan Ponpes Al Zaytunn-Foto: Internet-

RADARLEBONG.ID- Majelis Ulama Indonesia (MUI) ternyata sudah sejak lama menemukan dugaan penyimpangan agama di Pondok Pesantren Al Zaytun, yang berada di Indramayu, Jawa Barat.

Pada tahun 2002, Tim MUI menemukan fakta.

Fakta-fakta itu sebagai berikut

1. Ada indikasi hubungan dan afiliasi antara Ponpes Al Zaytun dengan organisasi NII Komandemen Wilayah IX. Baik itu relasi hubungan yang bersifat historis, finansial atau kepemimpinan.

BACA JUGA: Pelanggan Telkomsel Harus Hati-hati, Waspadai Kejahatan Modus Pemblokiran Nomor

2. Ada penyimpangan paham dan ajaran Islam yang dipraktikkan oleh organisasi NII Komandemen Wilayah IX. Di antaranya terkait mobilisasi dana yang mengatasnamanakan ajaran Islam dan diselewengkan.

3. Terdapat penafsiran ayat-ayat Al Quran yang menyimpang, termasuk mengkafirkan kelompok di luar organisasi itu.

4. Ada temuan dugaan penyimpangan paham keagamaan terkait permasalahan zakat fitrah dan kurban yang diterapkan pimpinan pondok pesantren. Hal ini sebagaimana termuat dalam majalah Al Zaytun.

5. Persoalan Ponpes Al Zaytun ini sebenarnya berada pada aspek kepemimpinan yang kontroversial dan mempunyai kedekatan dengan organisasi NII Komandemen Wilayah IX.

BACA JUGA: 10 Tanggal Lahir yang Bakal Bawa Rezeki Berlimpah,Cek Tanggal Lhir Mu!

6. Terdapat indikasi keterkaitan sebagian koordinator wilayah yang mempunyai tugas sebagai tempat rekrutmen santri Ponpes Al Zaytun dengan organisasi NII Komandemen Wilayah IX.

Berdasarkan temuan tim khusus terkait keberadaan Pondok Pesantren Al Zaytun ini, MUI merekomendasikan sejumlah tindakan lanjut pimpinan harian MUI.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menanggapi serius kehebohan Ponpres Al Zaytun.

Wapres meminta Kementerian Agama (Kemenag) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melakukan pembahasan serius terkait aktivitas Ponpes Al Zaytun, yang beberapa bulan terakhir menjadi perbincangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: