Jokowi Tekankan Bawaslu Tindak Tegas Setiap Pelanggaran Pemilu

Jokowi Tekankan Bawaslu Tindak Tegas Setiap Pelanggaran Pemilu

Presiden Jokowi membuka Konsolnas Memantapkan Kinerja dan Soliditas Jajaran Pengawas Pemilu dalam Mengawal Pengawasan Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, Sabtu (17/12/2022)--bawaslu ri

BACA JUGA:Bawaslu Lebong Mulai Pelototi Netralitas ASN Jelang Pemilu 2024

"Nanti,  Pak Rahmat Bagja laporkan ke saya. Karena, urusan DPT ini sangat krusial dari tahun ke tahun dan sangat memengaruhi kepercayaan masyarakat kita," tegasnya.

Jokowi yakin dengan pengalaman yang dimiliki penyelenggara pemilu akan membuat pemilu semakin berkualitas.

"Hati-hati mengenai ini (daftar pemilih) dan mungkin yang erberat karena melibatkan jumlah pemilih yang sangat besar. Juga, rentang pemilihan yang luas dan kondisi geografis yang sangat beragam," tuturnya.

Untuk itu, tambahnya, pengawasan harus dilakukan di semua tahapan pemilu dan seluruh prosesnya harus diawasi dengan cermat dan ditangani dengan hati-hati.

BACA JUGA:Usai Dilantik, 36 Panwascam Langsung Tancap Gas Awasi Tahapan Pemilu

"Hal itu untuk wujudkan sekali pemilu yang berkualitas," tegasnya.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menjelaskan program pengawasan pemilu di media sosial demi menurunkan ketegangan Pemilu 2024.

"Kami ingin membuat suatu program pengawasan media sosial untuk menurunkan ketegangan politisasi SARA, hoaks dan kampanye hitam," ujarnya.

Program tersebut, kata Bagja, demi menjawab tantangan Bawaslu dalam memantau dan mengawasi media sosial.
Alasannya, kata Bagja, banyak aktivitas di media sosial yang membuat bangsa ini terpolarisasi. "Kami harapkan ini menjadi program penting kita ke depan," ujarnya.

 

Sebagai informasi Konsolnas Bawaslu ini dihadiri Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly, Ketua dan Anggota Bawaslu RI, Ketua dan Anggota KPU, Ketua dan Anggota DKPP, Ketua dan anggota Bawaslu provinsi, kabupaten kota se-Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bawaslu ri