Pasangan Banyak Memilih Ijab Qabul di Luar KUA

Pasangan Banyak Memilih Ijab Qabul di Luar KUA

ilustrasi -buku nikah-

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Sepanjang tahun 2022, peristiwa nikah di Kabupaten Lebong mencapai 698 pasang.

Jumlah tersebut berdasarkan data yang telah di rekap oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lebong sejak Januari hingga Oktober lalu.

Kepala Kemenag Lebong, Arief Azizi, S.Ag MH melalui Kasi Binmas Islam, Malvinas RBNS, SIP, M. Pd mengatakan 698 peristiwa nikah yang terjadi sepanjang tahun ini, diakuinya terjadi penurunan dari laporan tahun 2021 lalu.

"Untuk tahun 2021 peristiwa nikah di Lebong mencapai 783 pasang sedangkan di tahun ini angka peristiwa nikah mencapai 698. Ini artinya peristiwa itu mengalami penurunan sebanyak 86 pasang," kata Malvinas sapaan akrabnya.

BACA JUGA:Begini Penampakan Bangunan Rp 1,4 M yang Ternyata Kantor KUA Lebong Tengah

Disebutkan Malvinas, untuk jumlah peristiwa nikah yang terjadi di kabupaten Lebong hampir didominasi oleh pasangan yang menikah di luar kantor yakni sebanyak 469 pasang, sedangkan peristiwa nikah di KUA berjumlah 143 pasang.

"Kalau untuk pasangan pernikahan yang menjalani isbat di Lebong hanya sedikit yakni sebanyak 14 pasang," ucapnya.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang memengaruhi turunnya angka pernikahan di Kabupaten Lebong. Satu di antaranya ialah adanya aturan tentang pembatasan usia menikah minimal 19 tahun untuk laki-laki maupun perempuan.

Selain itu, pandemi Covid-19 yang sebelumnya melanda wilayah Kabupaten Lebong turut mengurungkan niat pasangan dan memilih untuk menunda pernikahan.

BACA JUGA:Tempo 6 Bulan, 37 Pasangan Langsungkan Ijab Qabul

"Faktor itu memang sangat mempengaruhi angka pernikahan di Lebong," ujarnya.

Lebih jauh menurut Malvin, untuk tingkat pernikahan hingga Desember mendatang, pihaknya belum dapat memprediksi apakah jumlahnya nanti akan menurun atau meningkat.

"Jika yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya jumlah pernikahan sedikit meningkat. Namun untuk yang tahun ini kita belum dapat memprediksi," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: