Senator Riri Ucapkan Belasungkawa Atas Tragedi Kanjuruhan

Senator Riri Ucapkan Belasungkawa Atas Tragedi Kanjuruhan

Senator Muda Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief-Foto Dokumentasi-media center senator riri

JAKARTA, RADARLEBONG.ID - Sabtu malam, 1 Oktober 2022 menjadi duka mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia.

Betapa tidak, bertepatan menjelang perayaan Hari Tanpa Kekerasan Internasional tersebut.

Ratusan nyawa melayang dalam tragedi Kanjuruhan, tragedi kelam yang dipicu kekecewaan para suporter Arema FC atas kekalahan tim kesayangannya dari Persebaya.

Atas tragedi tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengucapkan turut berbelasungkawa dan  duka cita yang mendalam atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. 

BACA JUGA:Alihfungsi Hutan di Bengkulu, Pemerintah Diimbau Perlu Lakukan Pengawasan

"Saya doakan semua yang meninggal dunia Allah berikan ampunan, dilapangkan kuburnya, diterima semua amal baiknya, dan kepada keluarga yang ditinggal diberi ketabahan dan kesabaran untuk menghadapi ujian yang berat ini," kata Hj Riri Damayanti John Latief, Senin (3/10/2022).

Lulusan Psikologi Universitas Indonesia ini mengatakan, tragedi Kanjuruhan merupakan kejadian yang memilukan sekaligus rumit, karena dipicu oleh banyak faktor antara pengamanan aparat keamanan dan kepanikan penonton setelah ditembakkannya gas air mata.

"Saya cenderung tidak ingin menyalahkan siapapun sebelum benar-benar diinvestigasi tentang kejadian yang sebenarnya oleh orang-orang yang jujur dan independen yang tidak punya kepentingan lain selain untuk menyelamatkan dunia sepak bola Indonesia yang sebenarnya akhir-akhir ini lagi naik daun," ungkap Hj Riri Damayanti John Latief.

Perempuan yang digelari Putri Dayang Negeri oleh Masayarakat Adat Tapus ini menuturkan, tragedi Kanjuruhan ini seyogianya menjadi momentum untuk menciptakan aturan penyelenggaraan liga sepak bola yang transparan dan akuntabel yang dapat mengantisipasi kemungkinan berbagai bentuk kekerasan.

BACA JUGA:Hari Sarjana Nasional, Berikut Harapan Senator Riri

"Bukan hanya untuk even sepak bola, tapi untuk semua jenis cabang olahraga, jangan ada pendekatan penyelesaian masalah dengan jalan kekerasan. Lebih baik gunakan cara yang santun, berkemanusiaan dan berkeadaban," tandas Hj Riri Damayanti John Latief.

Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kepahiang ini menambahkan, ada begitu banyak hikmah yang dapat dipetik dari tragedi Kanjuruhan.

"Negara harus segera memberikan solusi yang adil untuk seluruh keluarga korban. Siapapun yang bertanggungjawab dalam tragedi ini harus berani mempertanggungjawabkan semuanya. Seluruh korban jiwa harus mendapatkan santunan yang bermartabat," demikian tutup Hj Riri Damayanti John Latief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: