Tarian Demudang Biniak dari Kwarcab Pramuka Lebong Unjuk Gigi Tampil Malam Puncak Jamnas

Tarian Demudang Biniak dari Kwarcab Pramuka Lebong Unjuk Gigi Tampil Malam Puncak Jamnas

LEPAS: Pelepasan Kwarcab Pramuka Lebong untuk mengikuti Jamnas oleh Wakil Bupati Lebong.-Foto Amri Rakhmatullah/radarlebong-Radar Lebong

LEBONG, RADARLEBONG.DISWAY.ID -  Tarian Demudang Biniak akan dibawakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Lebong pada  puncak Jamnas atau malam seni budaya.

Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Lebong, Risman Januardo, mengatakan, kegiatan Jamnas 2022 akan dilaksanakan mulai 13 hingga 21 Agustus mendatang. Kwarcab Kabupaten Lebong terpilih mewakili Provinsi Bengkulu dalam penampilan kesenian pada malam puncak Jamnas atau malam seni budaya, yang nantinya akan menampilkan kesenian tari kas masyarakat suku rejang yaitu tarian Demudang Biniak. 

Dirinya mengaku peserta Jambore Nasional dari Lebong sebelumnya telah terlatih dari awal, sehingga bukan hanya sekedar dikukuhkan namun ada uji kompetensi di bidang kepramukaan serta karakter watak peserta didik. 

"Jadi mereka sudah dipersiapkan dengan baik dan mereka telah dilatih mengikuti kegiatan jambore nasional serta para kontingen ini bukan hanya berasal dari satu kecamatan namun dari beberapa kecamatan yang berada di Lebong," jelasnya.

BACA JUGA:Inventarisir Kebutuhan ASN Lebong

Risman menambahkan, Jamnas Pramuka merupakan kesempatan berharga untuk mengenali keberagaman Indonesia. Sebanyak 37 Provinsi mengirimkan kontingen yang akan menampilkan kekhasan budaya masing-masing. 

"Jambore selalu membentuk karakter anggota Pramuka yang sejati. Tularkan ilmu dan pengalaman yang diperoleh kepada sesama anggota Pramuka," jelasnya.

Dan mengenai keberangkatan kontingen Kwarcab Kabupaten Lebong, Risman memastikan dilaksanakan secara mandiri. Pasalnya hingga saat ini belum ada anggaran khusus yang disiapkan oleh Pemkab Lebong dalam mendukung pelaksanaan kegiatan ini. 

"Soal anggaran kebarangkatan, sejauh ini memang belum ada, masih memakai dana mandiri," imbuhnya.

Sementara itu, Kwarcab Pramuka Lebong mengutus 16 peserta yang terbagi menjadi 2 regu putra dan putri guna mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) ke-XI tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur Jakarta Timur.

Keberangkatan 16 peserta juga turut didampingi 2 orang pendamping, 10 andalan cabang dan dewan kerja Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Lebong.

Pelepasan peserta Jamnas dilakukan oleh Wakil Bupati Lebong Drs. Fahrurrozi, M.Pd yang ditandai dengan penyerahan Indentitas Diri (ID) kontingen.

Wakil Bupati Lebong Drs. Fahrorozi, M.Pd dalam sambutannya mengingatkan agar kontingen Pramuka Kabupaten Lebong yang diutus  pada Jambore Nasional ke 11 ini dapat menjaga nama baik Kabupaten Lebong di tingkat Nasional.

Selain itu, smabung Wabub, diharapkan kontingen dari Lebong bisa menjaga diri dan kesehatan sebab dalam Pramuka hal tersebut tentu sudah dipahami dengan baik. 

"Kontingen pramuka Lebong dapat mengasah kemampuan, keterampilan dan menimba ilmu pengetahuan yang didasari oleh kode etik kepramukaan yaitu dasa darma dan tri satya, serta bisa menampilkan kemampuan yang terbaik selama mengikuti Jamnas Pramuka," terang Wabup.

Dirinya menambahkan, gerakan Pramuka ke Jambore tingkat nasional tahun 2022 adalah kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar pramuka penggalang, yang menitikberatkan pada kegiatan persaudaraan demi kerukunan dan perdamaian.

"Jaga nama baik Kabupaten Lebong selama mengikuti Jamnas, dan promosikan Lebong ditingkat nasional. Selamat mengikut jamnas tahun 2022," singkatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: