Penderita Darah Tinggi, Ini Cara minum Kopi yang Aman

Penderita Darah Tinggi, Ini Cara minum Kopi yang Aman

RadarLebong.com, JAKARTA - Bagi mereka yang punya darah tinggi, mengontrol apa yang mereka konsumsi harian sangat krusial untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah konsumsi kopi, salah satu jenis minuman yang paling populer di muka bumi ini.

Seperti diketahui, konsumsi kopi sebagaimana diklaim ahli, dapat menyebabkan peningkatan dramatis pada tekanan darah, meski efeknya tidak berlangsung lama.

Pertanyannya, amankah minum kopi jika punya darah tinggi?

Perlu dicatat, konsumsi kopi menunjukan efek yang berbeda antara orang satu dan lainnya, penyebabnya sendiri, menurut Mayo Clinic, belum bisa dijelaskan secara pasti oleh medis.

Namun beberapa berpendapat, bahwa kandungan kafein yang terdapat di dalamnya, dapat mencegah kinerja hormon tertentu, yang salah satu fungsinya menjaga kelancaran kerja pembuluh darah arteri.

Seperti diketahui, darah tinggi adalah salah satu penyebab serangan jantung dan stroke pada manusia.

Dua kondisi di atas, adalah beberapa penyumbang tertinggi angka mortalitas, sekaligus disabilitas di seluruh dunia.

Sebab itu bagi peminum kopi yang punya masalah dengan hipertensi, sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Di situ, dokter akan menentukan apakah konsumsi kopi aman untuk darah tinggi mereka, dengan cara membatasi jumlahnya, atau disarankan untuk berhenti sama sekali.

Mereka yang suka meminum kopi, juga disarankan untuk menghindari aktifitas ini, sebelum melakukan aktifitas yang dapat meningkatkan tekanan darah, seperti berolahraga, angkat beban, dan pekerjaan berat lainnya.

Anda juga dapat memeriksa apakah Anda tidak memiliki toleransi terhadap kopi dengan mengeceknya menggunakan alat tensi.

Setelah minum kopi, cek tensi Anda dalam 30-120 menit berselang. Jika ada peningkatan 5 hingga 10 poin pada tensi, maka bisa dipastikan Anda sensistif terhadap efek kafein pada kopi.(FIN)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: