Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi HP di Cas Baterai Tidak Masuk

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi HP di Cas Baterai Tidak Masuk

Penyebab dan Cara Mengatasi HP di Cas Baterai -foto:tangkapan layar-

- Jika software mengalami kegagalan deteksi, maka proses pengisian akan gagal.

- Aplikasi pihak ketiga yang diinstal: Ada kemungkinan beberapa aplikasi boros baterai yang telah terinstal akan menguras daya bahkan mengganggu proses pengisian daya perangkata.

- Proses update OS yang tidak sempurna.

Jika Anda sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab utama kenapa hp tidak bisa dicas, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya sbb:

1. Restart Hp

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mematikan hp agar semua sistem yang error kembali normal.

Diamkan beberapa saat kemudian hidupkan kembali. Mematikan dan menyalakan kembali smartphone adalah cara yang paling mudah dan kerap kali berhasil.

Namun cara ini tidak bisa dilakukan bila hp dalam keadaan mati dan baterai tidak bisa dicas. Bila hal ini terjadi, maka cara selanjutnya dapat dicoba untuk dilakukan.

2. Periksa Kabel USB dan Power Adapter

Terkadang masalah pengisian ulang tak selalu pada perangkat. Masalah bisa juga timbul dari charger yang Anda punya. Bisa jadi karena kabel USB mudah error karena sering terlipat.

Bila kabel USB Anda yang rusak, sebaiknya beli Kabel USB bawaan hp yang asli agar dapat digunakan kembali tanpa risiko. Sekali lagi jangan gunakan kabel USB secara sembarangan.

Setelah kabel USB, Anda juga perlu memeriksa power adapter. Terkadang karena pemakaian yang salah, arus dari power adapter berkurang sehingga baterai smartphone tidak terisi penuh.

Cara mengeceknya, Anda bisa meminjam charger milik orang lain. Bila saat digunakan, baterai hp Anda bisa terisi penuh, maka bisa dipastikan kabel USB atau power adapter Anda yang bermasalah.

3. Periksa Port USB

Terkadang Anda sebagai pengguna hp yang memiliki mobilitas padat sering mencabut kabel charger yang sedang terhubung ke perangkat secara kasar tanpa disadari. Hal ini bisa membuat port USB Anda error.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: