5 Manfaat Rutin Jalan Kaki Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

5 Manfaat Rutin Jalan Kaki Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

5 Manfaat Rutin Jalan Kaki-foto :tangkapan layar-

RADARLEBONG.ID- Aktivitas sederhana seperti berjalan kaki secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Jalan kaki tidak hanya menyegarkan pikiran dan memperbaiki suasana hati, tetapi juga memiliki dampak positif pada berbagai aspek kesehatan tubuh Anda.

Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal medis The Lancet beberapa waktu lalu merekomendasikan jalan kaki secara teratur sebagai cara yang murah dan mudah untuk mencegah nyeri punggung yang berulang.

Hasil tes menunjukkan, pasien yang rutin berjalan kaki selama setengah jam, lima kali dalam seminggu dan dibimbing fisioterapi, mengalami lebih sedikit kekambuhan dibanding sebuah kelompok kontrol.

BACA JUGA:Apakah Penyakit Kutu Air Disebabkan Cuaca Hujan, Lantas Apa Obatnya Mengatasinya?

Para peneliti menyebut, pasien juga melaporkan adanya peningkatan kualitas hidup yang dirasakan dan jumlah waktu yang mereka habiskan untuk tidak bekerja juga berkurang hampir setengahnya.

Tidak hanya itu terdapat beberapa manfaat lain bila rutin jalan kaki antara lain sebagai berikut ini.

1. Mengurangi varises

Varises adalah kondisi di mana pembuluh darah vena mengalami pembengkakan dan pelebaran, seringkali disertai dengan nyeri dan ketidaknyamanan.

Berjalan kaki membantu meningkatkan peredaran darah, terutama di bagian kaki dan betis.

Dengan memompa darah kembali ke jantung, aktivitas ini dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah vena, mengurangi gejala varises, dan mencegah pembentukan pembuluh darah vena yang lebih besar.

2. Membuat suasana hati baik

Selain itu, aktivitas ini memberikan kesempatan untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari, memberikan waktu untuk refleksi, atau bahkan menikmati alam sekitar.

Jalan kaki juga dapat menjadi bentuk meditasi gerak sehingga membantu menghilangkan pikiran negatif,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: