Kumandang Takbir dan Gema Bacaan Bilal Idul Adha, Mengantar Semangat Ibadah dan Kebersamaan

Kumandang Takbir dan Gema Bacaan Bilal Idul Adha, Mengantar Semangat Ibadah dan Kebersamaan

Kumandang Takbir dan Gema Bacaan Bilal Idul Adha, Mengantar Semangat Ibadah dan Kebersamaan--Pixabay

BACA JUGA:Anda Ingin Berkurban, Berikut Ini Tips Memilih Hewan Kurban Idul Adha Tahun 2024

Bacaan Bilal Sebelum Khutbah Hari Raya:

Arab: "اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِناَ وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ، اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ . اللَّهُمَّ قَوِّ الْإِسْلَامَ وَالْإِيْمَانَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، وَانْصُرْهُمْ عَلَى مُعَانِ الدِّيْنِ، رَبِّ إخْتِمْ لَنَا مِنْكَ بِالْخَيْرِ، وَيَا خَيْرَ النَّاصِرِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَآأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ"

Latin: "Allahumma shalli 'ala sayyidina muhammad, allahumma shalli 'ala sayidina wa maulaana muhammad, Allahumma shalli wa sallim 'ala sayyidina wa maulana muhammad wa 'ala aali sayyidina muhammad. Allahumma qawwil islam wal imaana minal muslimiin wal muslimaat wal mu'miniina wal mu'minaat al ahyaa-i minhum wal amwaat, wanshurhum 'ala mu'aaniddiin, rabikhtim lanaa minka bil khair, wa ya khairan naashiriina birahmatika yaa arhamarraahimiin."

Artinya: "Ya Allah, berikanlah syafaat kepada Nabi Muhammad. Ya Allah, berikanlah syafaat kepada Nabi Muhammad dan kita sebagai hamba-Nya. Ya Allah, berikanlah syafaat dan salam kepada Nabi Muhammad dan keluarganya. Ya Allah, kuatkanlah agama dan iman di antara orang-orang mukmin dan mukminat, hidup dan mati. Berikanlah mereka kemenangan dalam berjuang untuk agama dan berikanlah kita kebaikan dari-Mu. Ya Allah, berikanlah kemenangan kepada mereka yang berjuang dengan rahmat-Mu, ya Allah yang paling berkasih."

BACA JUGA:Resep Lidah Kucing Tanpa Cetakan, Cocok Untuk Cemilan Idul Adha

Bacaan bilal Idul Adha bukan hanya kumpulan kata-kata, tetapi juga pengingat bagi umat Islam tentang nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Idul Adha.

Gema bacaan bilal bagaikan seruan untuk meneladani semangat pengorbanan Nabi Ibrahim AS, memperkuat rasa persaudaraan, dan menebarkan kebahagiaan bagi sesama.

Mari kita sambut Idul Adha kali ini dengan penuh semangat baru. Jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk intropeksi diri, memperkuat keimanan, dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Semoga bacaan bilal Idul Adha dapat mengantarkan kita pada ibadah yang khusyuk dan penuh makna, serta mempererat tali persaudaraan antar umat Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: