Sidang Isbat Idul Adha 2024 Digelar 7 Juni, Begini Tahapannya!

Sidang Isbat Idul Adha 2024 Digelar 7 Juni, Begini Tahapannya!

Kumandang Takbir dan Gema Bacaan Bilal Idul Adha, Mengantar Semangat Ibadah dan Kebersamaan--Pixabay

RADARLEBONG.ID - Sidang Isbat Idul Adha 2024 akan menjadi momen penting bagi umat Islam di Indonesia untuk menentukan tanggal Hari Raya yang penuh berkah ini.

Digelar pada 7 Juni 2024 di Auditorium Kemenag, Jakarta, sidang ini akan menetapkan awal bulan Dzulhijjah 1445 H, yang sekaligus menentukan tanggal Idul Adha 2024.

Proses Sidang Isbat

  • Sidang Isbat Idul Adha 2024 akan diawali dengan seminar hybrid yang membahas kriteria penetapan awal bulan Hijriyah.
  • Seminar ini akan dihadiri oleh perwakilan ormas Islam, para pakar astronomi, dan tamu undangan lainnya.
  • Setelah Maghrib, sidang isbat akan dilanjutkan secara tertutup dengan dihadiri oleh Menteri Agama, pimpinan ormas Islam, dan para ahli astronomi.
  • Dalam sidang ini, mereka akan membahas data-data astronomis terkait posisi hilal dan kriteria imkanur rukyat untuk menentukan awal bulan Dzulhijjah.
  • Hasil sidang isbat kemudian akan diumumkan melalui konferensi pers, dan tanggal Idul Adha 2024 akan resmi ditetapkan.

BACA JUGA:Awal Ramadhan 2024: Penetapan Kemenag, NU, dan Muhammadiyah

Kriteria Penetapan Idul Adha

Sidang Isbat Idul Adha 2024 akan menggunakan dua kriteria utama untuk menentukan awal bulan Dzulhijjah dan tanggal Idul Adha, yaitu:

  • Kriteria Imkanur Rukyat MABIMS: Kriteria ini ditetapkan oleh MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) dan mensyaratkan tinggi hilal minimal 3 derajat dengan sudut elongasi minimal 6,4 derajat.
  • Ketinggian Hilal: Pada 7 Juni 2024 atau 29 Zulkaidah 1445 H, ketinggian hilal di Indonesia diperkirakan berada di atas ufuk antara 7° 15.82' hingga 10° 41.09', dengan sudut elongasi antara 11°34.83' hingga 13°14.47'.
  • Perhitungan Wujudul Hilal: Hasil perhitungan imkanur rukyat dan wujudul hilal untuk penentuan awal bulan Zulhijjah berpotensi menunjukkan kesamaan.

Potensi Keserentakan Idul Adha 2024

Dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria di atas, sidang isbat Idul Adha 2024 diprediksi akan menghasilkan kesepakatan bersama tentang tanggal Idul Adha 2024.

Hal ini berarti umat Islam di seluruh Indonesia berpotensi merayakan Hari Raya ini secara serentak.

BACA JUGA:Aturan Pembagian Daging Kurban Idul Adha Sesuai Syariat Islam

Sidang Isbat Idul Adha 2024 merupakan momen penting bagi umat Islam di Indonesia untuk menyatukan umat dalam merayakan Hari Raya yang penuh makna ini.

Dengan mengikuti proses sidang dan hasil keputusan yang diambil, umat Islam dapat menyambut Idul Adha 2024 dengan penuh kebahagiaan dan keharmonisan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: