6 Desa di Lebong Ini Belum Cairkan Dana Desa & Alokasi Dana Desa Tahap I, Kenapa?

6 Desa di Lebong Ini Belum Cairkan Dana Desa & Alokasi Dana Desa Tahap I, Kenapa?

6 Desa Ini Belum Cairkan DD & ADD, Kenapa?-Foto : Internet -

RADARLEBONG.ID - Serapan Dana Desa tahap pertama tahun 2024 hingga kemarin (25/3) masih belum tuntas.

Saat ini, masih ada enam desa yang belum menyerahkan berkas pengajuan untuk pencairan 60 persen Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lebong.

Kepala Dinas PMD Lebong, Saprul, SE, menyatakan bahwa enam desa tersebut belum melengkapi pengajuan untuk pencairan DD dan ADD tahap pertama.

Sebaliknya, beberapa desa lainnya telah melaksanakan pencairan dana desa untuk tahap pertama.

BACA JUGA:Dana Desa di Kabupaten Lebong Tahun 2024 Tembus Rp72,1 Miliar, Ini Rinciannya!

"Ada enam desa lagi yang belum mengajukan tahap I. Desa-desa tersebut adalah desa Gandung, Nangai Amen, Air Kopras, Ketenong I, Ketenong Jaya, dan Bioa Putiak," ujar Saprul.

Saat ini, mengingat bulan Maret 2024 sudah mendekati akhir, pihaknya mengimbau kepada desa-desa untuk segera menyerahkan laporan realisasi tersebut.

Hal ini memungkinkan berkas pengajuan desa untuk diverifikasi dan direkomendasikan untuk pencairan.

"Kami mengimbau keenam desa tersebut untuk segera mengajukan berkas pengajuan. Setelah berkas dinyatakan lengkap, barulah kami dapat merekomendasikan pencairan dana," tambahnya.

BACA JUGA:Dana Desa dan Alokasi Dana Desa di Lebong Tahun 2024 Capai Rp. 115,7 Miliar

Dia menegaskan bahwa laporan realisasi tahap tiga merupakan syarat bagi desa untuk menyusun berkas laporan pengajuan DD/ADD tahap pertama.

Meskipun tidak ada batas waktu resmi untuk pengajuan tahap pertama, namun penting bagi seluruh desa untuk segera menyerahkan laporan tersebut.

Hal ini karena desa harus melanjutkan program kegiatan yang telah direncanakan sesuai Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) masing-masing.

"Intinya, seluruh desa harus proaktif. Kami berharap PMD sudah menerima berkas pengajuan dari seluruh desa sebelum Idul Fitri," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: