Dana Desa dan Alokasi Dana Desa di Lebong Tahun 2024 Capai Rp. 115,7 Miliar

Dana Desa dan Alokasi Dana Desa di Lebong Tahun 2024 Capai Rp. 115,7 Miliar

Dana Desa dan Alokasi Dana Desa di Lebong Tahun 2024 Capai Rp. 115,7 Miliar-Foto : Dokumentasi/radarlebong-

RADARLEBONG.ID  - Kabar gembira untuk 93 desa se Kabupaten Lebong.

Di tahun 2024 ini, Pagu Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) mengalami peningkatan dengan total mencapai Rp 115,7 Miliar dengan rincian Rp. 71.152.677.000,

dan Pagu Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp. 44.553.503.700.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lebong, Reko Haryanto, S.Sos, M.Si, melalui Kabid PMD, Samirudin, SH, menerangkan adanya kenaikan DD dan ADD untuk 93 desa dibandingkan tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Mantan Kades Pungguk Pedaro Diultimatum, Bayar Kerugian Negara Atau Penjara!

"Kenaikan ini merupakan kabar baik bagi 93 Desa di Kabupaten Lebong, karena DD dan ADD yang mereka terima tahun ini mengalami peningkatan," ungkap Samirudin.

Sementara untuk besaran DD dan ADD tahun 2024, lanjut Samirudin, Dinas PMD masih dalam proses penyusunan draf pembuatan Peraturan Bupati (Perbup).

Setelah Perbup ditandatangani, pemerintah desa dapat melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) APBDes dan menyiapkan berkas pengajuan DD ADD tahap I.

"Proses pembuatan Perbup sedang berlangsung, setelah selesai, kami akan menyampaikannya kepada masing-masing desa dan meminta mereka melaksanakan Musdes APBDes," jelasnya.

BACA JUGA:Hasil AI Kasus Korupsi Desa Pungguk Pedaro, Inspektorat Temukan Kerugian Negara Capai Rp712 Juta

Samirudin menambahkan, bahwa proses penyaluran DD dan ADD tetap mengikuti kriteria seperti tahun sebelumnya, dengan nilai yang berbeda-beda sesuai dengan jarak desa dari pusat kota, jumlah penduduk, luas wilayah, dan faktor lainnya.

"Setelah Perbup selesai, angka pagu DD dan ADD untuk masing-masing desa akan ditentukan," pungkasnya. (wlk)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: