Penuaan Dini Mengancam Milenial, Gaya Hidup Jadi Sebab Utama

Penuaan Dini Mengancam Milenial, Gaya Hidup Jadi Sebab Utama

Penuaan Dini Mengancam Milenial, Gaya Hidup Jadi Sebab Utama--Ilustrasi : Pixabay

RADARLEBONG.ID - Generasi milenial, yang lahir antara tahun 1981 dan 1996, dikenal sebagai generasi yang peduli terhadap kesehatan.

Namun, sebuah studi terkini menunjukkan bahwa generasi ini justru mengalami penuaan dini dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Studi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi kesehatan Blue Cross Blue Shield di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kaum milenial mengalami penurunan kesehatan fisik yang lebih cepat seiring bertambahnya usia.

Data tahun 2020 menunjukkan bahwa kaum milenial lebih mungkin mengalami penyakit-penyakit seperti hipertensi, kolesterol tinggi, depresi, gangguan kecemasan, dan beragam masalah kesehatan mental lainnya.

BACA JUGA:Rahasia Zat Besi: Mengungkap Peran Vitalnya dalam Kesehatan dan Kunci Asupan yang Tepat!

Fenomena ini juga terlihat di Asia, khususnya di Korea, di mana generasi milenial dilaporkan mengalami penuaan lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Profesor Jung Hee-won dari Asan Medical Center Seoul, Korea Selatan, memberikan peringatan serius bahwa generasi muda berisiko menjadi generasi pertama yang mengalami penuaan lebih cepat daripada orang tua mereka.

Terdapat sejumlah faktor yang berkontribusi pada penuaan dini pada kaum milenial, antara lain:

  • Gaya hidup buruk dan kebiasaan makan

Kebiasaan mengonsumsi makanan olahan berlebihan, terutama yang mengandung tambahan gula, menjadi salah satu pemicu utama penuaan dini pada kaum milenial.

BACA JUGA:Waduh! Nggak Nyangka Banget, Ini Nih Gejala Diabetes yang Sering Terlupakan!

Selain itu, kurangnya aktivitas fisik, tekanan hidup kerja yang tinggi, dan faktor ekonomi juga turut menyumbang terhadap masalah ini.

Penelitian menunjukkan bahwa obesitas dapat mempercepat proses penuaan dengan merusak DNA seiring bertambahnya usia.

Studi nasional di Korea menemukan bahwa lebih dari separuh pria usia 30-an dan 40-an mengalami obesitas, menambah risiko terjadinya penuaan dini.

BACA JUGA:Mycoplasma pneumoniae: Waspadai Infeksi yang Bisa Menyebabkan Komplikasi Serius

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: