Senin, Forum Masyarakat dan Aktivis Lebong Sampaikan 3 Tuntutan ke Kaban Kesbangpol

Senin, Forum Masyarakat dan Aktivis Lebong Sampaikan 3 Tuntutan ke Kaban Kesbangpol

Aksi: Massa yang tergabung dalam Formal melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Kesbangpol, Senin (9/10).-foto : amri rakhmatullah-

RADARLEBONG.ID - Senin, 9 Oktober 2023, belasan orang yang tergabung dalam Forum Masyarakat dan Aktivis Lebong (Formal) melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbagpol) Kabupaten Lebong.

Ada 3 tuntutan yang disampaikan massa dalam aksi damai yang dijaga ketat puluhan anggota dari Polres Lebong dan dibantu Satpol PP Lebong tersebut.

Salah satunya meminta agar Badan Kesbangpol transparan dalam pengelolaan dana hibah Ormas dan LSM. 

Ketua Forum/Koordinator Aksi, Mashuri, mengatakan Kesbangpol harus transparan dalam proses penyaluran hingga penggunaan dana hibah yang disiapkan untuk Ormas dan LSM di wilayah Kabupaten Lebong,

BACA JUGA:Datangi Kantor Polisi, 5 Warga Seblat Ulu Lebong Sampaikan Laporan Soal Ini..

Tak hanya tahun ini, tapi dana hibah tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari realisasi dan laporan penggunaan dana hibah harus jelas. 

"Ketika dari hasil pemeriksaan BPK ada temuan, maka Kesbangpol harus memanggil penerima hibah untuk proses pengembalian TGR. Jika dalam tempo 60 hari itu tidak ada tindak lanjut artinya Kesbangpol bisa melaporkannya ke APH," katanya.

Lanjut Mashuri, selain masalah dana hibah tersebut, ada 2 tuntutan lagi yang juga disampaikan oleh massa.

Yaitu meminta Kesbangpol menuntaskan dan mencari jalan keluar atas adanya dua versi kepengurusan Badan Masyarakat Adat (BMA) di Kabupaten Lebong dalam waktu 1 bulan.

BACA JUGA:Perbandingan Desa Wisata dan Wisata Desa, Pilih Pengalaman Wisata yang Sesuai

Kemudian menuntut Kaban Kesbangpol meningkatkan kinerja jajarannya dengan mengadakan kegiatan berbentuk forum dengan Ormas dan LSM di Kabupaten Lebong

Yang Terakhir, jika 3 tuntutan tersebut tidak ditindaklanjuti dalam kurun waktu 1 bulan, Kaban Kesbangpol diminta untuk mundur dari jabatannya.

Dalam aksi tersebut Kaban Kesbangpol langsung menemui massa aksi damai tersebut yang menggelar aksinya didepan kantor Kesbangpol dan kaban dengar langsung tuntutan dari massa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: