Ini Dia Pemenang Sayembara Logo IKN Nusantara

Ini Dia Pemenang Sayembara Logo IKN Nusantara

Presiden RI Joko Widodo memilih Pohon Hayat Nusantara sebagai Logo Desain IKN.-instagram/@ikn-radarlebong.id

Sumber kehidupan seklaigus kekayaan hayati yang melimpah dari ekologi kita.

5 akarnya melambangkan Pancasila, 7 Batangnya mewakili pula besar dan 17 kembang mekar menjadi simbol kemerdekaan yang abadi.

Aulia Akbar merupakan seorang desain grafis asal Bandung yang mengaku terharu dan kaget , karena Presidem Jokowi mengumumkan logo buatannya sebagai pemenang.

"Yang pasti rasanya tadi sangat kaget, karena aku pribadi enggak lihat apa-apa. Ini sebuah momen yang sangat bersejarah di desain grafis Indonesia, kita sangat bersyukur karena pertama juga momennya, kita banyak belajar juga," ungkap Aulia di Istana Negara, Jakarta pada Selasa sore (30/5/2023).

Dalam proses desain logo pohon hayat tersebut merupakan akumulasi dari pengalaman dirinya selama sembilan tahun menjalani profesi sebagai desainer dan co-founder POT Branding House.

Kata dia, logo Pohon Hayat terinspirasi dari penelusuran BOT Branding House mengenai kebudayaan yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Pemilihan bentuk pohon sebagai penanda bahwa di atas keberagaman masyarakat Indonesia bersatu.

" Prosesnya bukan dari waktu yang diberikan saja, tapi juga wkatu akumulasi pengalaman kita selama sembilan tahun di industri ini. Kita cari apa yang sebenarnya kita bawa, satu bentuk semuanya punya kesamaan berupa kosmologi pohon hayat,"jelas Aulia.

Sayembara Logo IKN atau Ibu Kota Nusantara dilakukan dengan metode sayembara yang kompetitif.

Dalam hal ini, IKN bekerjasama dengan Asosiasi Desain Grafis Indonesia.

Setidaknya, ada 500 desainer yang mengumpulkan karya logonya dalam sayembara tresebut. Drai 500 peserta, terkurasi 10 desainer yang mengikuti proses desain logo.

Lalu, terpilih kembali 5 finalis nominasi logo IKN untuk kemudin dilakukan pemungutan suara secara daring sejaka 4 April hingga 20 Mei 2023 melalui situs www/ikn/go.id. Tak kurang, 500.000 warga memilih logo IKN dengan 133.069 suara.(red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: