NOC Indonesia Harry Resmi Mengirimkan Surat Keberatan,Atas Insiden Warna Bendera Terbalik, Kamboja Katar Ketir

NOC Indonesia Harry Resmi Mengirimkan Surat Keberatan,Atas Insiden Warna Bendera Terbalik, Kamboja Katar Ketir

NOC Indonesia Harry Resmi Mengirimkan Surat Keberatan,Atas Insiden Warna Bendera Terbalik, Kamboja Katar Ketir Langsung Minta Maaf-foto: istimewa Internet-

RADARLEBONG.ID - Insiden terbaliknya warna bendera Merah Putih pada saat pre-show menjelang Open Ceremony SEA Games 2023, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) resmi mengirimkan surat keberatan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC).

Bendera Indonesia terbalik di pra upacara pembukaan SEA Games 2023 yang disiarkan live di akun YouTube Press Office of The Council of Ministers Cambodia.
Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara mengatakan surat keberatan itu dilayangkan menyusul insiden terbaliknya bendera Merah Putih.

Surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei yang ditandatangani Harry Warganegara kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun. Isinya menyampaikan keberatan kepada CAMSOC yang salah memasang bendera.

NOC Indonesia secara resmi menyampaikan keberatan kepada CAMSOC yang salah memasang bendera Indonesia dengan benar sebelum dimulainya Opening Ceremony 32th.
Kata Harry, atas surat keberatan itu, Kamboja sebagai tuan rumah penyelenggaraaan SEA Games ke-32, telah menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia atas kejadian bendera Merah Putih yang terbalik.

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Aneh Di Dunia Yang Akan Membuat Kamu Tercengang! Yuk Kunjungi!

BACA JUGA:Waspada Cuaca Makin Panas! Cek 6 Tanda Apakah Kamu Salah Satu Mengalami Dehidrasi Pada Tubuhmu?

Bahkan, panitia juga bergerak cepat dan memastikan kejadian serupa tidak terulang di Opening Ceremony.
Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony, ujar Harry, Jumat 5 Mei 2023, malam.

Kita sampaikan juga, jika penempatan bendera kami yang terbalik tidak dapat diterima karena kami telah memberi tahu CAMSOC berkaitan dengan pemasangan bendera Indonesia yang telah disetujui sebelumnya. Kami berharap ada perbaikan yang dilakukan pada Opening Ceremony dan menanti tindakan cepat Anda," tulis Harry dalam surat keberatan itu.

Untuk diketahui, Opening Ceremony sejatinya dijadwalkan berlangsung pada 19.00 waktu setempat. Namun, para penonton yang menyaksikan langsung upacara pembukaan diinformasikan untuk datang lebih cepat sebelum acara dimulai.

Dalam jeda waktu tersebut, event organizer menyuguhkan pertunjukan awal sebelum dimulainya upacara pembukaan yang ditayangkan langsung di kanal YouTube.

SEA Games Kamboja merupakan edisi ke-32. Ini adalah kali pertama Kamboja menjadi tuan rumah pesta (multievent) olahraga solidaritas negara kawasan ASEAN. Tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam yang dipimpin Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim berpartisipasi di 31 cabang olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: