Verifikasi 9 Parpol Baru, KPU Lebong Siapkan 5 Tim

Verifikasi 9 Parpol Baru, KPU Lebong Siapkan 5 Tim

Rakor: KPU Lebong Gelar Rapat Koordinasi bersama Partai Politik dalam rangka persiapan Pelaksanaan Verifikasi Faktual Partai Politik calon peserta pemilu 2024, di aula hotel Ceria, Sabtu(15/10)-Foto Amri Rakhmatullah/radarlebong-redaksi

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Verifikasi administrasi (vermin) 9 partai politik (parpol) baru yang lolos sebagai peserta pemilu 202  telah mulai dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong sejak hari ini (17/10) hingga 4 November 2022 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Lebong Salahuddin Al Khidhr, SE menjelaskan dalam tahapan ini KPU Kabupaten Lebong telah menyiapkan 5 tim verifikator untuk dalam melakukan verfak kepengurusan dan keanggotaan parpol. 

Tak hanya itu, KPU Lebong juga akan melibatkan tim kelompok kerja (Pokja) yang diisi dari kalangan eksternal.

Mulai dari Polri, TNI, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) serta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) sebagai bentuk transparasi.

BACA JUGA:6 Pendaftar Panwaslucam Tak Lolos Seleksi Administrasi 

"Sehingga hanya ada 9 Parpol di Kabupaten Lebong yang akan dilakukan verifikasi faktual," katanya.

Lebih jauh dikatakannya Khidhr, dalam verfak ini tim verifikator akan mencocokkan data yang diinput parpol dalam aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan KTP ketua, sekretaris dan bendahara setiap Parpol.

Termasuk alamat kantor parpol yang bersangkutan hingga memastikan keterwakilan 30 persen. 

"Pada intinya mensosialisasikan terkait tahapan verfak. Termasuk objek-objek yang akan menjadi bahan dalam verifikasi vaktual tersebut," jelasnya.

BACA JUGA:KPU Lebong Mulai Verifikasi Berkas Pendaftaran 23 Parpol

Verfak keanggotaan ini dilakukan secara sistem sampel

"Kami berharap masyarakat bisa ikut mendukung tahapan ini agar bisa berjalan dengan baik. Apalagi waktunya sangat terbatas," tukasnya.

Diketahui 9 Parpol calon peserta Pemilu 2024 yang dilakukan verfak keanggotaan di Kabupaten Lebong adalah Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Buruh, Partai Garda Perubahan Indonesia, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia dan Partai Ummat. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: