Ini 4 Kecamatan Juara Lomba Pilot Project Tertib Adminduk 2022

Ini 4 Kecamatan Juara Lomba Pilot Project Tertib Adminduk 2022

Juara: Wabup Fahrurrozi dan Pejabat Disdukcapil Lebong berfoto bersama Juara 1 lomba Pilot Project tertib Adminduk. -Foto Ist-Radar Lebong

LEBONG, RADARLEBONG.DISWAY.ID - 4 Kecamatan di Kabupaten Lebong berhasil menjuarai lomba Pilot Project Tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk) tahun 2022 yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lebong.

Selain penerima piagam penghargaan, para juara juga menerima reward berupa uang Pemkab Lebong. 

Keempat kecamatan yang menjadi juara dalam lomba ini diantaranya Kecamatan Amen sebagai juara I disusul Kecamatan Lebong Utara sebagai juara II, kemudian Kecamatan Rimbo Pengadang sebagai juara III dan Kecamatan Bingin Kuning sebagai juara harapan. 

Plt. Kepala Dinas Dukcapil Lebong, Drs. Budi Setiawan melalui Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Tri Handayani, M.Si, beberapa kriteria penilaian lomba ini diantaranya perekaman adminduk sudah 100 persen. Mulai dari perekaman KTP elektronik (KTP-el), Akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA). 

"Artinya seluruh KK yang ada diwilayah desa kelurahan itu sudah memiliki adminduk tersebut. Kemudian di kantor kecamatan sudah memiliki dokumen data kependudukan yang bisa diakses," ungkap Tri Handayani. 

Pihaknya berharap, lomba ini dapat menjadi motivasi bagi kecamatan lainnya untuk terus melakukan perbaikan adminduk diwilayah masing-masing termasuk desa dan kelurahan. 

BACA JUGA:Lomba Pilot Project, Dukcapil Bina 12 Kecamatan

"Kami berharap, semua pemerintah kecamatan, pemerintah desa hingga kelurahan di Kabupaten Lebong bisa berlomba-lomba tertib adminduk diwilayahnya masing-masing, " harapnya.

Dijelaskannya, proses perekapan dari lomba ini lomba ini sudah dilakukan sejak Maret 2022 dan dilanjutkan hingga pertengahan Agustus. Perekapan ini diantaranya administrasi kependudukan, publikasi kependudukan, tata kelola arsip atau pendokumentasian, sarana dan prasarana, pencapaian target kepemilikan dokumen warga serta inovasi kependudukan setiap kecamatan

"Khusus untuk juara I dalam hal ini Kecamatan Amen, nanti akan diikut sertakan dalam lomba tertib Adminduk tingkat Provinsi Bengkulu pada HUT Provinsi Bengkulu 18 November mendatang. Semoga tahun ini kita bisa kembali meraih juara pada tingkat Provinsi nanti," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: