DLH Tunggu Hasil Uji Lab Air Sungai Bintunan

DLH Tunggu Hasil Uji Lab Air Sungai Bintunan

--

BENGKULU UTARA, RADARLEBONG.DISWAY.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bengkulu Utara masih menunggu hasil uji laboratorium terhadap sampel dugaan pencemaran Air Sungai Bintunan akibat aktivitas perusahaan yang ada disekitar kawasan tersebut.

"Kita sudah bergerak cepat pasca hebohnya pencemaran sungai, dengan mengambil sampel air sungai yang tercemar. Saat ini, sampel tersebut masih diuji di Laboratorium DLH BU. Diperkirakan pekan ini, hasil lab tersebut sudah bisa dilihat," ujar Kepala DLH BU Ir. H Alfian.

Alfian pun menjelaskan, pengambilan sampel air yang langsung dibawa ke laboratorium ini tidak serta merta langsung memperjelas hasilnya.

Tentunya, akan ada proses, dimana pihak lab akan mengurai zat yang ada dalam kandungan sample air tersebut.

BACA JUGA:Niat Ambil Jeruk, Warga Padang Jaya Tewas Kesetrum

"Nanti, kita akan mengetahuinya, apakah zat dalam kandungan air sungai yang tercemar itu berbahaya atau tidak bagi manusia atau makhluk hidup lainnya. Kami harap, masyarakat juga bersabar, dan kami juga telah mengklarifikasi kepada pihak PT SIL terkait pencemaran itu, yang menghasilkan bahwa pencemaran itu merupakan bahan cair CPO yang belum tuntas diolah, dan kami sudah menegur pihak perusahaan itu untuk segera mengambil tindakan," tegas Alfian.

Sementara itu, Edi Apriyanto, Anggota DPRD Bengkulu Utara, mengungkapkan jika pihaknya akan menindaklanjuti persoalan ini. 

"Ini harus disikapi. Kami dari Komisi II akan berkoordinasi ke Komisi III, untuk menindaklanjuti kabar ini. Bersama komisi terkait, kita harapkan dapat mengagendakan sidak dan hearing," singkatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: