Cagar Budaya Ulau Du'es Masih Dilestarikan

Cagar Budaya Ulau Du'es Masih Dilestarikan

LEBONG UTARA - Peninggalan sejarah yang saat ini berada di desa Tunggang Kecamatan Lebong Utara yakni Cagar Budaya Ulau Du'es masih terus dilestarikan oleh masyarakat dalam Kabupaten Lebong.

Pelestarian cagar budaya ini diakui oleh Pengurus Cagar Budaya Ulau Du'es, Mar'an (74) didampingi oleh Warga setempat, Samsunit (42) mengatakan bahwa dirinya selaku pengurus selalu menerima kunjungan dari berbagai masyarakat untuk mengunjungi keramat ataupun membayar niat.

"Alhamdulillah, antusias masyarakat dalam melestarikan cagar budaya ulau dues ini terus dilakukan. Karena lokasi ini selalu dikunjungi oleh masyarakat setiap hari. Mulai dari mengunjungi Keramatnya ataupun membayar niat," kata Mar'an.

Diakuinya, bahwa terkadang antusias kunjungan yang dirinya terima bukan dari kalangan masyarakat umum saja. Bahkan, terkadang lokasi cagar budaya ini dikunjungi oleh beberapa anak sekolah ataupun mahasiswa dari berbagai universitas.

"Kadang-kadang ada anak sekolah yang mengunjungi lokasi ini untuk mengetahui sejarah dari cagar budaya ulau due's ini. Untuk itulah, saat ini kita sangat bersyukur jika masyarakat masih melestarikan peninggalan sejarah ini," sampai pria tua ini yang tetap semangat melestarikan cagar budaya kemarin.

Tambahnya, bahwa terkait kondisi aset bangunan yang ada di lokasi cagar budaya tersebut saat ini dinilainya masih sangat bagus. Hanya saja, dirinya terkadang was-was terhadap aliran air ketahun yang sering membesar ketika musim penghujan.

"Kalau kondisinya, kalau lagi hujan itu terkadang aliran air sungai membesar. Bahkan, terkadang air tersebut masuk ke wilayah Cagar Budaya kita ini. Apalagi, lokasi keramat itu dekat sekali dengan air. Sedangkan untuk akses jalan juga kita sangat membutuhkan karena jalan yang dilalui saat ini kurang maksimal lantaran sering becek," tuturnya.

Untuk itulah, dirinya berharap kedepannya ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong untuk sedikit membantu dan memfasilitasi apa yang dibutuhkan oleh pihaknya saat ini untuk pelestarian cagar budaya yang ada di Kabupaten Lebong.

"Sudah seharusnya pemerintah kita memahami cagar budaya kita untuk mengetahui perkembangan leluhur kita. Bahkan, untuk mengukapkan sejarah ini kita tidak bisa tanpa dukungan dari Pemerintah dalam memfasilitasi. Karena inilah salah satu sejarah yang ada di Kabupaten Lebong," pungkasnya. (dap)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: