Sekolah Diimbau Segera Lapor Jumlah Siswa di Dapodik

Kamis 14-07-2022,14:36 WIB
Reporter : Amri Rakhmatullah
Editor : Reni Apriani

LEBONG, radarlebong.disway.id  - Meski tahun ajaran baru 2022/2023 sudah dimulai, namun hingga hari ketiga masuk sekolah kemarin (13/7). 

Satuan pendidikan tingkat SD dan SMP belum menyampaikan laporan hasil PPDB ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lebong.

Untuk itu, sekolah diimbau agar segera melapor jumlah siswa di Data Pokok Pendidik (Dapodik).

"Setelah diinput baru kami bisa mengetahui berapa jumlah peserta didik baru yang terdaftar ditingkat SD maupun tingkat SMP," kata Kabid Pendidikan dan Pembinaan Dikbud Lebong, Habibi, S.Pd.

BACA JUGA:Minim Siswa, Minim Fasilitas

Dan hingga hari kedua masuk sekolah , lanjut Habibi, untuk tingkat SD, masih ada peserta didik baru yang mendaftar sekolah.

Hal tersebut menjadi salah satu kendala sekolah dalam menyampaikan jumlah peserta didik baru.

"Untuk mengantisipasi penambahan siswa yang baru mendaftar kemungkinan saat ini proses penginputan data Dapodik masih dilakukan oleh pihak sekolah,"jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan Habibi, di tahun ajaran 2022/2023, rombongan belajar (rombel) tingkat SMP yang disiapkan bisa menampung sebanyak 1.664 peserta didik baru dengan 52 rombel, 1 rombel maksimal memiliki 32 orang. Sementara untuk tingkat SD memiliki kapasitas 1.600 peserta didik baru dengan jumlah 64 rombel dengan kapasitas maksimal 25 orang untuk 1 rombel. 

"Namun dikarenakan kondisi dan keadaan di setiap 

sekolah memang agak telat dan terlambat mereka menyampaikan laporannya," singkatnya.

Kategori :