Saat Hamil Kaki Alami Bengkak, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Saat Hamil Kaki Alami Bengkak, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

kaki bengkak saat hamil-foto :tangkapan layar-

RADARLEBONG.ID- Pembengkakan pada kaki, atau dikenal sebagai edema adalah kondisi umum yang dialami oleh banyak ibu hamil, terutama pada trimester ketiga.

Meskipun umumnya tidak berbahaya, kondisi ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Edema terjadi ketika cairan menumpuk di jaringan tubuh, terutama di kaki dan pergelangan kaki. Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan pembengkakan ini?

 1. Perubahan Hormon

BACA JUGA:Jangan Sepelekan Hal Ini, Bisa Sebabkan Kematian Secara Tiba-Tiba

Selama kehamilan, tubuh mengalami berbagai perubahan hormon yang signifikan. Salah satu hormon yang meningkat adalah progesteron.

Hormon ini menyebabkan dinding pembuluh darah menjadi lebih rileks dan melebar.

Akibatnya, aliran darah menjadi lebih lambat dan cenderung terkumpul di bagian bawah tubuh, terutama di kaki, yang kemudian menyebabkan pembengkakan.

2. Pertambahan Berat Badan

BACA JUGA:Pentingnya Diagnosis Asma Secara Dini pada Anak Prasekolah, Orang Tua Wajib Tahu

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, berat badan ibu hamil juga meningkat. Kenaikan berat badan ini memberikan tekanan ekstra pada pembuluh darah, terutama pada vena di kaki.

Tekanan ini menyebabkan darah bergerak lebih lambat kembali ke jantung, dan cairan cenderung menumpuk di bagian bawah tubuh, yang akhirnya menyebabkan kaki bengkak.

3. Tekanan dari Rahim yang Membesar

Seiring dengan pertumbuhan janin, rahim semakin membesar dan memberikan tekanan pada pembuluh darah besar di panggul dan kaki, seperti vena cava inferior.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: