Cara Mencegah Diabetes Pada Anak-Anak, Terapkan Hidup Sehat

Cara Mencegah Diabetes Pada Anak-Anak, Terapkan Hidup Sehat

Cara Mencegah Diabetes Pada Anak-Anak, Terapkan Hidup Sehat-foto :tangkapan layar-

Supaya bisa mewujudkan hal ini, batasi waktu interaksi dengan televisi dan perangkat elektronik setidaknya 2 jam sehari.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk memberikan tugas rumah pada anak, seperti menyapu. Ajak anak beraktivitas di luar, bersepeda, jalan kaki, atau jogging. Tak lupa, selalu jadilah contoh nyata yang baik untuk anak.

2. Rutin Berolahraga

Cara mencegah diabetes melalui rutin berolahraga dapat meningkatkan produksi insulin dan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin.

Dengan begitu, kadar gula dalam darah akan terkontrol dengan baik, sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit diabetes.

Selain itu, olahraga juga membantu pembakaran kalori untuk menghasilkan energi serta menyimpan kelebihan glukosa menjadi cadangan energi dalam bentuk protein otot sebagai cadangan agar tidak menumpuk dalam darah.

Lakukan olahraga setidaknya 150 menit setiap minggu, terbagi menjadi 5 sesi atau hari, 30 menit per sesi.

3. Rajin Minum Air Putih

Cara mencegah diabetes di usia muda juga bisa dimulai dengan menghindari minuman manis.

Hal ini mengacu pada risiko diabetes tipe 2 dan diabetes autoimun yang bisa menyerang orang dewasa akibat mengonsumsi minuman manis berlebihan.

Untuk mengatasinya, mulailah membiasakan minum air putih. Jika dibandingkan minuman berkadar gula, air putih dapat meningkatkan hidrasi tubuh secara lebih baik serta menurunkan kadar gula dalam tubuh.

Sehingga bermanfaat untuk fungsi ginjal dan juga sel-sel tubuh.

4. Makan makanan bergizi seimbang

 Menerapkan diet prediebetes merupakan cara lain untuk mencegah diabetes. Pencegahan ini dapat membantu Anda mengendalikan berat badan tetap ideal sehingga risiko diabetes akan menurun.

Selama ini kebanyakan orang cenderung terbiasa makan makanan cepat saji, berlemak, dan bergula tinggi. Nah, untuk mencegah diabetes, Anda perlu mengatur kembali pilihan makanan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: