Apa Itu Sindrom Anak Tunggal, Lalu Bagaimana Cara Mendidik Yang Benar?

Apa Itu Sindrom Anak Tunggal, Lalu Bagaimana Cara Mendidik Yang Benar?

Apa Itu Sindrom Anak Tunggal, Lalu Bagaimana Cara Mendidik Yang Benar?-foto : tangkapan layar-

Hargai prestasi dan usaha anak, namun jangan menempatkan tekanan yang tidak realistis untuk mencapai tingkat kesempurnaan tertentu.

Biarkan mereka tumbuh dan berkembang dengan kecepatan mereka sendiri.

2. Jangan mengekang anak

Orang tua yang memiliki banyak anak cenderung lebih santai atau tidak terlalu mengekang anak. Hal ini dikarenakan fokus dalam mendidik anak tak hanya tertuju pada satu orang saja.

Lakukan juga hal ini pada anak tunggal agar ia dapat lebih mandiri dan lebih mengenali dirinya sendiri.

3. Tetapkan batasan yang jelas

Anak tunggal terkadang merasa seperti orang dewasa dan mereka percaya bahwa mereka harus memiliki suara dan kekuatan yang sama dalam keluarga.

orang tua harus bisa memberikan batasan untuk anak, apa yang menjadi porsi anak, apa yang tidak boleh diketahui oleh anak dan hanya boleh diketahui oleh orang tua.

4. Biarkan anak mandiri

Tips mengasuh anak yang kedua adalah membiarkan anak mandiri. Membesarkan anak tunggal memberi orang tua hubungan yang sangat dekat dengan anaknya.

Namun, beberapa anak menjadi terlalu bergantung pada orang tua untuk dukungan moral, bantuan pekerjaan rumah, dan hiburan.

Hingga tanpa sadar orang tua dapat memperkuat ketergantungan ini.

Untuk membantu anak menjadi lebih mandiri, beri dia tanggung jawab seperti dengan melakukan tugas membersihkan rumah.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: