Terungkap Penyebab Kebangkrutan Sepatu Bata di Indonesia

Terungkap Penyebab Kebangkrutan Sepatu Bata di Indonesia

Terungkap Penyebab Kebangkrutan Sepatu Bata di Indonesia-foto :tangkapan layar-

RADARLEBONG.ID- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkap alasan PT Sepatu Bata Tbk menutup pabrik di Purwakarta. Perusahaan pun buka suara pula soal hal tersebut.

Dalam dialog yang dilakukan Kemenperin dengan manajemen perusahaan pada Rabu (8/5), PT Sepatu Bata Tbk menyampaikan bahwa pabrik di Purwakarta sebenarnya hanya bagian kecil dari keseluruhan bisnis perusahaan.

Dari sisi produksi, jumlah produksi sepatu di Purwakarta masih kecil jika dibandingkan dengan produsen sepatu lain.

PT Sepatu Bata Tbk (BATA) secara resmi telah menutup operasional pabrik sepatunya yang berlokasi di Purwakarta pada 30 April 2024. Tutupnya pabrik ini dikarenakan penurunan permintaan yang terjadi selama 4 tahun terakhir.

BACA JUGA:Mengenal Teknik Baking Pada Wajah dan Tips Menerapkannya

Selengkapnya, berikut adalah profil pemilik BATA. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pada Januari-September 2023 tercatat kerugian pabrik sepatu BATA mencapai Rp80,65 miliar atau meningkat sebesar 294,76 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni Rp20,43 miliar.

Sementara itu, penjualan bersih BATA pada periode itu turun 0,42persen menjadi Rp488,47 miliar atau lebih rendah dari satu tahun lalu yaitu Rp490,57 miliar.  

Produsen sepatu, PT Sepatu Bata Tbk (BATA) resmi menutup pabriknya di Purwakarta akibat sepi order.

BACA JUGA:Lebih Untung Mana? Investasi Emas Batangan, Antam atau Emas Perhiasan

Atas kondisi ini, otomatis Bata sudah tidak dapat melanjutkan proses produksi di pabrik yang terletak di provinsi Jawa Barat tersebut.

Menyusul kabar ini, lebih dari 200 orang karyawan Bata terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Indah Anggoro Putri menekankan bahwa perusahaan harus tetap membayarkan semua hak pekerja sesuai dengan peraturan.

Diketahui sepatu Bata adalah merek sepatu yang berasal dari Ceko, bukan dari Indonesia, seperti yang banyak disangka orang.

Brand yang hampir berusia 130 tahun ini didirikan oleh Thomas Bata pada tahun 1894 di Zlin, sebuah kota yang saat itu masih berada dalam Kekaisaran Austro-Hungaria.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: