3 Rekomendasi Menu Sarapan Terbaik Untuk Penderita Penyakit Diabetes

3 Rekomendasi Menu Sarapan Terbaik Untuk Penderita Penyakit Diabetes

3 Rekomendasi Menu Sarapan Terbaik Untuk Penderita Penyakit Diabetes-foto : tangkapan layar-

Makanan ini mengandung B-glukan yang membantu menjaga kontrol glikemik dan skor glikemik di bawah 55.

Jadi, ada garansi kalau makanan yang satu ini tidak menyebabkan lonjakan maupun penurunan kadar gula darah. 

Beberapa manfaat penting b-glukan yang terkandung dalam oat contohnya mengurangi respons glukosa dan insulin setelah makan, meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi lipid atau lemak dalam darah. 

2. Kacang kacangan

Profesor endokrinologi dan metabolisme dari The Ohio State University Wexner Medical Center menjelaskan jika kacang-kacangan adalah makanan untuk diabetes terbaik yang bisa disajikan dalam makanan utama, bahkan cemilan santai yang menyehatkan.

Pasalnya, kacang-kacangan mengandung lemak sehat yang aman. Jenis kacang yang bisa anda pilih adalah almond, kacang mete, pistachio, hazelnut, walnut, atau kacang tanah yang diolah tanpa bumbu. 

3. Ubi jalar

Selain mengenyangkan, ubi jalar menjadi makanan yang memberi manfaat baik untuk mengendalikan gula darah penderita diabetes.

Ubi jalar merupakan makanan yang cocok untuk diabetesi karena memiliki indeks glikemik  yang lebih rendah daripada kentang.

Nilai glikemik satu porsi ubi jalar rebus adalah 44, sementara kentang rebus adalah 80. Kandungan serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium dalam makanan ini juga baik untuk penyakit diabetes.

Anda bisa menikmati ubi jalar dengan berbagai cara, mulai dari direbus, dipanggang, atau ditumbuk.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: