5 Cara Mengendalikan Mood Swing Agar Tidak Badmood

5 Cara Mengendalikan Mood Swing Agar Tidak Badmood

5 Cara Mengendalikan Mood Swing Agar Tidak Badmood -foto :tangkapan layar-

RADARLEBONG.ID- Mood swing merupakan istilah untuk menggambarkan perubahan suasana hati (mood) secara cepat dan drastis yang bisa terjadi akibat pengaruh lingkungan maupun kondisi medis tertentu.

Jika terjadi sesekali, mood swing adalah kondisi yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Akan tetapi, mood swing perlu diwaspadai apabila terjadi dalam kurun waktu lama hingga mengganggu aktivitas sehari-hari karena bisa saja merupakan tanda dari adanya kelainan tertentu. 

Selama perubahan emosi tidak berdampak kepada kehidupan sehari-hari, maka hal ini masih dapat dianggap normal.

BACA JUGA:Apakah Masa Pubertas pada Remaja Timbulkan Jerawat? Simak Penjelasannya

Namun apabila perubahan suasana hati terjadi secara drastis, sering, berlarut-larut, dan hingga menganggu aktivitas, maka hal ini perlu diwaspadai.

Contohnya adalah mood swing yang berlangsung selama beberapa hari atau lebih, hingga membuat Anda menjadi sangat senang dan sedih atau ketawa dan tiba-tiba menangis.

Anda juga patut waspada jika mood swing menyebabkan emosi tidak terkontrol, impulsif, sangat mudah tersinggung, tidak bisa tidur, bahkan merusak hubungan dengan orang terdekat.

Perhatikan juga jika mood swing telah mencapai tingkatan yang lebih parah, seperti menimbulkan rasa ingin melukai diri sendiri atau mengakhiri hidup.

BACA JUGA:Etika Pergaulan, Kunci Rahasia Menuju Kesuksesan dan Kebahagiaan

Mood swing yang muncul bersamaan dengan gejala-gejala tersebut bisa jadi merupakan tanda dari gangguan kesehatan mental.

Kondisi mood swing yang tidak bisa dikendalikan bisa menyebabkan badmood yang, umumnya kondisi ini sering terjadi pada perempuan apalagi saat datang bulan.

Oleh karena itu berikut ini cara mengendalikan mood swing agar tidak badmood.

1. Olahraga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: