Apa yang Akan Terjadi dengan Mata Jika Melihat Gerhana Matahari Secara Langsung Tanpa Alat Bantu?

Apa yang Akan Terjadi dengan Mata Jika Melihat Gerhana Matahari Secara Langsung Tanpa Alat Bantu?

Apa yang Akan Terjadi dengan Mata Jika Melihat Gerhana Matahari Secara Langusng Tanpa Alat Bantu? -foto :tangkapan layar/YouTube-

Bahkan pada tahap awal gerhana, ketika bulan menghalangi sebagian cahaya matahari, Anda tidak dapat melihatnya secara langsung -- bahkan untuk sebentar pun -- tanpa kacamata khusus ini.

BACA JUGA:Apa yang Perlu Kita Ketahui tentang Gerhana Matahari Total 8 April 2024?

Tips Memilih Kacamata Khusus

Jika Anda memutuskan untuk membelinya sendiri, pastikan mereka asli.

Pertama, cari cap yang mengatakan bahwa mereka bersertifikat ISO.

Kemudian kenakan dan pastikan Anda tidak bisa melihat apa pun kecuali lampu yang sangat terang, seperti matahari itu sendiri atau lampu kilat LED di ponsel Anda.

Untungnya, perpustakaan dan museum di seluruh negeri memberikan kacamata gerhana secara gratis, jadi ambillah sepasang!

Kesimpulan

Risiko utama melihat gerhana matahari secara langsung adalah kebutaan gerhana, atau luka bakar pada retina akibat cahaya terlihat berintensitas tinggi yang dapat memasak mata tanpa disadari.

Kacamata khusus menghalangi cahaya berintensitas tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan pada retina, memungkinkan pengamat untuk melihat gerhana matahari tanpa merusak mata.

Pastikan kacamata tersebut bersertifikat ISO dan hanya memungkinkan pengamat melihat sumber cahaya sangat terang, seperti matahari atau lampu kilat LED, untuk melindungi mata dari bahaya cahaya yang merusak.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: