Darah Langka di RSUD Lebong, Pasien Terpaksa Cari Donor Sendiri

Darah Langka di RSUD Lebong, Pasien Terpaksa Cari Donor Sendiri

Darah Langka di RSUD Lebong, Pasien Terpaksa Cari Donor Sendiri--(dok/rl)

RADARLEBONG.ID - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lebong mengalami kekurangan stok darah. Hal ini menyebabkan pasien yang membutuhkan darah harus mencari pendonor sendiri.

Plt. Direktur RSUD Lebong, dr. Deni Lukas melalui bagian UTD RSUD, Sadikul Badrian, S.Md. Kep mengungkapkan bahwa kekurangan stok darah terjadi karena kurangnya pendonor rutin.

"Kekosongan stok darah ini, lantaran tidak adanya pendonor secara rutin melakukan donor di Rumah sakit. Hanya saja donor darah dilakukan pada saat ada acara tertentu saja. Sehingga stok darah di rumah sakit sering kosong," katanya.

Lebih jauh, kekurangan stok darah ini telah terjadi selama beberapa bulan terakhir. Hal ini menyebabkan pihak RSUD Lebong terpaksa meminta keluarga pasien untuk mencari pendonor sendiri.

BACA JUGA:Pasca Sanggah, 4 Pelamar PPPK di Lebong Akhirnya Lolos

"Kita sudah berusaha untuk mengimbau masyarakat untuk rutin mendonorkan darah. Namun, antusiasme masyarakat masih rendah. Oleh karena itu, kita terpaksa meminta keluarga pasien untuk mencari pendonor sendiri," terangnya.

Selain itu, kekurangan stok darah ini sangat berdampak terhadap pelayanan pasien. Pasien yang membutuhkan darah sering harus menunggu lama karena stok darah kosong.

Bahkan, ada beberapa pasien yang terpaksa dirujuk ke rumah sakit lain karena stok darah di RSUD Lebong kosong.

"Kekurangan stok darah ini sangat berdampak terhadap pelayanan pasien. Pasien yang membutuhkan darah sering harus menunggu lama karena stok darah kosong. Bahkan, ada beberapa pasien yang terpaksa dirujuk ke rumah sakit lain karena stok darah di RSUD Lebong kosong," lanjutnya.

BACA JUGA:Dinsos Lebong Salurkan Bansos Sakit Rp 300 Juta untuk 121 Jiwa

Sadikul meminta kepada masyarakat untuk rutin mendonorkan darah. Dengan mendonorkan darah, masyarakat dapat membantu pasien yang membutuhkan darah.

"Kami meminta kepada masyarakat untuk rutin mendonorkan darah. Darah yang anda donorkan dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: