Karhutla Mengintai: 12 Hektare Lahan Hangus di 9 Peristiwa Terpisah di Kabupaten Lebong

Karhutla Mengintai: 12 Hektare Lahan Hangus di 9 Peristiwa Terpisah di Kabupaten Lebong

Karhutla Mengintai 12 Hektare Lahan Hangus di 9 Peristiwa Terpisah di Kabupaten Lebong--(dok/ist)

RADARLEBONG.ID - Bidang Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lebong mencatat sebanyak sembilan kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda wilayah tersebut.

Jika ditotal, luas lahan yang terbakar mencapai sekitar 12 hektare, dengan mayoritas kebakaran terjadi pada lahan milik masyarakat.

Kepala Satpol PP Lebong, Andrian Aristiawan, SH, melalui Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, A. Repi, S.Kom, menjelaskan bahwa kebakaran ini terjadi sepanjang musim kemarau yang dipengaruhi oleh fenomena El Nino.

Keadaan semak belukar yang kering akibat musim kemarau meningkatkan risiko Karhutla.

BACA JUGA:Pemkab Lebong Prioritaskan Warga Lebong dalam Seleksi PPPK 2023

"Kami telah merespons setiap peristiwa Karhutla dengan mengirimkan tim pemadam ke lokasi kejadian," ujarnya.

Repi menjelaskan bahwa sembilan kejadian Karhutla telah terjadi di tujuh kecamatan berbeda.

Di antaranya, Kecamatan Lebong Sakti dengan luas lahan terbakar mencapai 4 hektare, Kecamatan Lebong Selatan mengalami dua kejadian Karhutla dengan total lahan terbakar sebesar 1,5 hektare, serta Kecamatan Lebong Utara dengan 2 hektare lahan yang terbakar.

Selain itu, Kecamatan Pelabai juga mengalami dua kejadian Karhutla dengan luas lahan terbakar mencapai 1 hektare, Kecamatan Rimbo Pengadang mengalami kejadian separuh hektare lahan terbakar, Kecamatan Topos dengan separuh hektare lahan terbakar, dan Kecamatan Lebong Atas dengan separuh hektare lahan yang terbakar.

BACA JUGA:Lebong Waspada Bencana, 12 Kecamatan Rawan Banjir dan Tanah Longsor

“Jadi untuk Kecamatan Lebong Selatan dan Pelabai sudah terjadi 2 peristiwa Karhutla. Sementara untuk 5 kecamatan lainnya hanya 1 peristiwa,” jelasnya.

Repi berharap bahwa tidak akan ada lagi kejadian Karhutla di Kabupaten Lebong dan mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu Karhutla.

Ia juga meminta agar masyarakat tidak membakar lahan saat membuka kebun baru.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: