Garut, Jawa Barat Dikejutkan Gempa Terkini dengan Kekuatan 5,6 Magnitudo

Garut, Jawa Barat Dikejutkan Gempa Terkini dengan Kekuatan 5,6 Magnitudo

Garut, Jawa Barat Dikejutkan Gempa Terkini dengan Kekuatan 5,6 Magnitudo--BMKG

RADARLEBONG.ID - Gempa terkini telah mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, dengan kekuatan mencapai 5,6 magnitudo pada tanggal 19 Oktober 2023. 

 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan dalam rilis resminya bahwa pusat gempa berada sekitar 114 kilometer barat daya dari Kabupaten Garut, Jawa Barat.

 

BMKG menyampaikan bahwa gempa terkini di Garut terjadi pada pukul 21:08:24 WIB dan memiliki magnitudo sebesar 5,6. Berlokasi di Koordinat 8.09 LS dan 107.34 BT (114 kilometer Barat Daya dari Kabupaten Garut, Jawa Barat).

 

"Kedalaman gempa mencapai 18 kilometer. gempa ini tidak berpotensi memicu tsunami," tulis BMKG dalam keterangan tertulisnya.

 

Gempa ini memberikan dampak yang beragam dalam tingkat intensitasnya di berbagai daerah sekitarnya, dengan acuan pada skala intensitas MMI (Modified Mercalli Intensity). 

 

Wilayah Pelabuhan Ratu, Cianjur, Sukabumi, Cilacap, Garut, Pangandaran, Cikelet, Lembang, Bandung, Parompong, Bogor, dan Cireunghas merasakan gempa ini dengan tingkat intensitas III. 

 

Sementara itu, daerah Lembang, Bandung, Parompong, Bogor, dan Cireunghas merasakan dengan tingkat intensitas II.

Selama sepekan terakhir, Indonesia telah menjadi saksi dari aktivitas gempa yang signifikan, yang telah dirasakan oleh masyarakat sebanyak dua kali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: