Anggaran Pilkada 2024 di Lebong Belum Ada Kejelasan

Anggaran Pilkada 2024 di Lebong Belum Ada Kejelasan

Sekda Lebong selaku Ketua TAPD menyampaikan anggaran pilkada 2024 yang belum dibahas.--

RADARLEBONG.ID - Pelaksanaan Pemilu 2024 telah didepan mata. Namun hingga saat ini untuk Anggaran Pilkada 2024 di Kabupaten Lebong belum ada kejelasan, menyusul TAPD belum melakukan pembahasan bersama dengan Kesbangpol Lebong.

"Ya, sejauh ini anggaran hibah Pilkada ini memang belum dibahas lebih jauh di tingkat TAPD," kata Sekretaris Kabupaten Lebong H. Mustarani Abidin, SH, M.Si selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Menurutnya, sebelum ke TAPD pembahasan terlebih dahulu dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)  bersama dengan KPU maupun Bawaslu Lebong. 

Kemudian, lanjut dia, hasilnya baru disampaikan ke TAPD untuk dibahas lebih lanjut. 

BACA JUGA:Anggaran Pilkada 2024 di Lebong Naik 2 Kali Lipat dari Pemilu 2019

BACA JUGA:Sudah Diterima, Usulan Dana Pilkada 2024 di Lebong Belum Dibahas

"Yang jelas sebelum masuk ke TAPD dibicarakan dulu di Kesbangpol," terang Sekda.

Meski hingga saat ini usulan dana hibah Pilkada belum diputuskan, namun,  Pemkab Lebong memastikan akan mendukung terselenggaranya Pilkada 2024 karena hajat daerah. 

Dimana, untuk penyusunan RAPBD Perubahan 2023 sendiri saat ini terus masih berproses dan ditargetkan dalam waktu dekat bisa disampaikan ke DPRD Lebong untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut. 

"Kami pastikan Pemkab Lebong akan ikut mendukung dalam menyukseskan Pilkada tahun 2024 mendatang,” demikiannya.

Diketahui, Mendagri meminta Pemerintah Daerah untuk menganggarkan dana hibah Pilkada sebesar 40 persen dalam APBD Perubahan 2023 dan  60 persen disiapkan pada APBD 2024. 

Hanya saja, untuk hibah dalam menyukseskan hajat daerah di Kabupaten Lebong tersebut berkemungkinan seluruhnya baru akan disiapkan dalam APBD 2024 mendatang.

Dimana, ada dua opsi, pertama disiapkan pada APBD murni 2024 dan opsi kedua sebagian di APBD Perubahan 2023. (bye)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: