Jumlah ASN Lebong Kembali Melorot, Simak Penyebabnya

Jumlah ASN Lebong Kembali Melorot, Simak Penyebabnya

Jumlah ASN Lebong tahun ini kembali melorot.--

RADARLEBONG.ID - Jumlah ASN Lebong tahun 2023 ini kembali melorot. Penyebabnya, karena kurang lebih ada sebanyak 64 Pegawai Negari Sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Lebong tahun ini memasuki masa purna tugas atau pensiun.

Mereka (PNS,red) mulai dari tenaga guru, kepala bidang (kabid), kepala seksi (kasi), asisten bupati hingga pejabat setingkat kasi dan lainnya.

Hal ini di benarkan Kepala BKPSDM Lebong, Beny Khidratullah, MM melalui Kabid Mutasi dan Pengadaan Pegawai, BKPSDM Lebong Chandra, SH didampingi Analis Sumber Daya Aparatur Muda, Heru Oktarianzyah, S. Kom.

"Mayoritas PNS yang pensiun tahun ini adalah tenaga guru, dan disusul pejabat setingkat II hingga IV di lingkungan Pemkab Lebong," kata Heru sapaan akrabnya.

BACA JUGA:ASN Kemenag Wajib Ikuti Upacara HUT RI yang Dipusatkan di MIN 2 Lebong

BACA JUGA:Keterlaluan! Sudah Diingatkan, 61 ASN Lebong Tak Berkabar  

Selain pensiun, kekurangan PNS Lebong juga diakibatkan adanya meninggal dunia, seperti ditahun tercatat ada 7 PNS Lebong yang dilaporkan meninggal diantaranya, 6 orang pemberhentian karena meninggal dunia serta 1 orang pemberhentian dengan hormat tanpa hak pensiun. 

"Jadi, untuk 6 orang akan mendapatkan hak pensiun dan hak taspen, sedangkan 1 orang hanya mendapat taspen dan tidak mendapat pensiun," sampainya. 

Lanjutnya, kekurangan jumlah PNS Lebong setiap tahun pasti terjadi, karena banyak PNS yang memasuki Batas Usia Pensiun atau BUP. Meski demikian, dipastikan tidak berpengaruh berpengaruh terhadap beban kerja di suatu intansi.

Terlebih lagi saat ini Pemkab Lebong sudah mengangkat ratusan PPPK, artinya dengan adanya pengisian tersebut akan mengisi kekosongan pada jabatan tersebut.

"Dengan adanya perekrutan PPPK tersebut maka jabatan yang kosong terhadap guru pensiun itu dipastikan akan kembali terisi," terangnya. 

Sementara itu, untuk jumlah ideal PNS Lebong sebanyak 3.000 orang yang semestinya dimiliki, namun saat ini Lebong hanya memiliki kurang lebih sebanyak 2.294 orang.

Hanya saja, Ia mengaku kekurangan PNS ini bukan hanya disebabkan PNS yang memasuki BUP dan meninggal dunia, tetapi juga disebabkan terus terjadinya PNS yang mengajukan pindah tugas dari Kabupaten Lebong. 

"Kita berharap, ditahun ini Pemkab kembali membuka perekrutan PPPK tau CPNS, sehingga kekurangan PNS di Kabupaten Lebong dapat terpenuhi," pungkasnya. (wlk) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: