Cegah Hama Belalang, Desa di Lebong Lakukan Gerakan Pengendalian Organisme Penggangu Tumbuhan

Cegah Hama Belalang, Desa di Lebong Lakukan Gerakan Pengendalian Organisme Penggangu Tumbuhan

Hama: Pemdes Pungguk Pedaro saat melakukan pencegahan hama belalang dengan melakukan penyemprotan. -foto : carles/raleb.id-

RADARLEBONG.ID - Dalam upaya menyukseskan pelaksanaan musim tanam dan panen dua kali setahun atau M2, Pemerintah Desa (Pemdes) Pungguk Pedaro kecamatan Bingin Kuning secara rutin melakukan pencegahan hama, baik hama tikus maupun hama belelang. 

Pejabat Sementara (Pjs) kades, Rosminiwati menyampaikan berbagai upaya terus dilakukan pihaknya bersama petani untuk menyukseskan pelaksanaan MT2 di desa Pungguk Pedaro.

Salah satunya melakukan gerakan pengendalian Organisme Penggangu Tumbuhan (OPT) pencegahan hama belalang

"Kegiatan OPT ini secara rutin kami lakukan bersama petani, tujuannya untuk mencegah terjadinya serangan hama belalang," kata Rosminiwati. 

BACA JUGA: Hama Tikus Lalap 2 Hektare Sawah di Lebong, Camat Sebut Padi Masih Tumbuh Bagus

BACA JUGA:Tokcer! Poktan Telaga Makmur Gelar Sekolah Lapangan Pengendalian Hama

Selain kegiatan OPT, pihaknya juga secara rutin melaksanakan perburuan hama tikus dengan cara peracunan pada setiap lobang tikus yang ada di pematang sawah. 

"Alhamdulillah, hingga saat ini belum ada serangan hama yang menyerang tanaman padi petani. Meski demikian, kami tetap rutin melakukan upaya pencegahan agar nantinya pelaksanaan MT2 di Punggu Pedaro bisa panen dengan hasil maksimal," ujarnya. 

Di sisi lain, dirinya berharap kepada penyulug pertanian untuk terus memberikan bimbingan kepada para petani dalam hal pencegahan maupun pengendalian hama. 

"Harapan kami penyuluh pertanian bisa terus mendampingi petani. Ini penting agar MT2 di desa Pungguk Pedaro bisa sukses dan panen dengan hasil memuaskan," pungkasnya. (arp) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: