Nabi Muhammad SAW Memiliki Kucing Kesayangan, Siapa Namanya?

Nabi Muhammad SAW Memiliki Kucing Kesayangan, Siapa Namanya?

ilustrasi kucing.-foto :pixabay-

RADARLEBONG.ID - Islam mewajibkan untuk berbuat baik (ihsan) kepada semua makhluk, termasuk manusia, tumbuhan dan hewan. Bersikap baik kepada hewan seperti kucing adalah kewajiban hukum dalam arti tidak menyakiti dan menyiksa hewan tersebut. 

Terlebih, hewan berbulu ini merupakan salah satu hewan peliharaan kesayangan Nabi Muhammad SAW. Mengapa Rasulullah SAW sangat mencintai kucing?

Dikutip dari berbagai sumber menuliskan, jika kucing termasuk hewan yang mampu beradapatsi dengan pemiliknya, termasuk mempunyai kecerdasan dan naluri yang luar biasa.

Hal ini menjadi salahsatu alasan mengapa kucing adalah hewan yang paling dikasihi dalam Islam. Sebagai hewan kesayangan Rasulullah SAW kucing bahkan masuk dalam hadis-hadis.

BACA JUGA:Segera Pelihara! 9 Kucing Jenis Ini Pembawa Berkah dan Rezeki ke Rumah Pemiliknya

BACA JUGA:Fakta Menarik tentang Kucing, Hewan Peliharaan yang Paling Diminati dan Populer

Muezza merupakan kucing kesayangan Nabi Muhammad SAW. Dari banyak tulisan yang tersebar disebutkan Nabi Muhammad SAW menuliskan jika kucing Muezza tidur beralasakan kubah Baginda Raja. 

Karena tidak ingin menganggu tidur Muezza, Nabi Muhammad SAW kemudian memotong sebagian jubahnya,meninggalkan Muezza tetap tidur, ketika Nabi Muhammad SAW kembali dari shalat, Nabi Muhammmad SAW menerima penghormatan dari Muezza sebagai tanda terima kasih. Kemudian, Nabi Muhammad SAW mengelus kucing itu sebanyak tiga kali. 

Tak hanya itu, Nabi Muhammad SAW juga disebutkan pernah memangku Meuzza dalam pangkuannya bahkan menggunakan air wudhu yang telah digunakan Muezza untuk minum.

Sayangnya keakuratan cerita ini belum dapat diklarifikasi, karena tidak ada dalam Al Quran dan Hadist.

BACA JUGA: 3 Tanda dari Kucing Pembawa Keberuntungan, No 1 Sering Tak Disadari oleh Tuannya

BACA JUGA:Memperingati Hari Kucing Sedunia 8 Agustus

Di lain waktu Nabi Muhammad SAW selalu mengendong kucing Muezza dan meletakkannya di pahanya. 

Dilansir dari Keistimewaan Kucing dalam Islam, Muezza sering mengelong ketika mendengar suara azan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: