Memperingati Hari Kucing Sedunia 8 Agustus

Memperingati Hari Kucing Sedunia 8 Agustus

8 Agustus diperingati sebagai Hari Kucing Sedunia.-foto : pixabay-

RADARLEBONG.ID - Hari Kucing Sedunia pertama kali diusulkan oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW) pada tahun 2002. Tanggal 8 Agustus kemudian ditetapkan sebagai Hari Kucig Sedunia setiap tahunnya.

Dikutip dari National Today, sejarah Hari Kucing Sedunia tentunya tak lepas dari keberadaan kucing sebagai hewan peliharaan sudah mucul sejak zaman kuno.

Saat itu, kucing adalah hewan keturunan kucing liar Afrika yang biasa digunakan untuk menangkap hama. Kucing juga ditemukan dalam catatan sejarah manusia pertama dalam budaya peradaban Mesir kuno.

Kucing juga sering dihubungkan dengan kebudayaan Mesir karena terkait dengan pemujaan dan dianggap sebagai dewa.

BACA JUGA:Segera Pelihara! 9 Kucing Jenis Ini Pembawa Berkah dan Rezeki ke Rumah Pemiliknya

BACA JUGA:Fakta Menarik tentang Kucing, Hewan Peliharaan yang Paling Diminati dan Populer

Bagi mereka, kucing bukan hanya dewa tetapi pelindung dari ular, kalajengking, dan kejahatan.Setelah Dinasti Mesir runtuh, kucing kian populer.

Bagi orang-orang Yunani dan Romawi menggunakan kucing sebagai pembasmi hama. Sementara di wilayah timur, kucing dipelihara oleh keluarga kaya.

Namun, selama abad pertengahan, kucing kerap dikaitkan dengan takhayul di Eropa, terutama penyihir yang identik dengan kucing hitam. Akibat dari hal tersebut, pada tahun 1348 banyak kucing yang dibunuh agar tidak menimbulkan kesialan di Eropa.

Lalu, sekitar tahun 1600-an, citra kucing kembali pulih. Di Amerika, kucing menjadi bagian dari kargo kapal penjelajak untuk menghempas kutu dan penyakit. 

BACA JUGA: 3 Tanda dari Kucing Pembawa Keberuntungan, No 1 Sering Tak Disadari oleh Tuannya

BACA JUGA:Alami Gangguan Kejiwaan, Kasus Mutilasi Pemakan Kucing Dihentikan

Lalu, kucing-kucing tersebut mulai pergi ke darat dan berkembang biak. Hingga kini, kucing menjadi hewan peliharaan yang ada di hampir setiap rumah.

Demikian, sejarah singkat Hari Kucing Sedunia yang diperingati setiap tahunnya tanggal 8 Agustus. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: