Isi Angin Ban Berlebihan Bisa Berdampak Buruk Bagi Pengendara, Simak Penjelasannya

Isi Angin Ban Berlebihan Bisa Berdampak Buruk Bagi Pengendara, Simak Penjelasannya

Isi angin ban berlebihan pada motor bisa berdampak buruk bagi pengendara.-foto : internet-

RADARLEBONG.ID  - Ukuran angin ban yang ditunggangi pengendara terkadang kerap disepelekan. Namun ternyata, angin ban sangatlah penting untuk diperhatikan.

Parahnya lagi, ternyata isi angin berlebihan akan berdampak buruk bagi pengendara.

Berikut ini penjelasannya, dari laman resmi Suzuki yang dilansir dari jpnn.com

Tekanan angin ban motor tidak sesuai maka akan menjadikan ban lebih cepat aus. Untuk itu, pemilik kendaraan harus lebih memperhatikan tekanan angin tersebut.

BACA JUGA:Tips Memilih Hewan Qurban yang Wajib Diketahui Umat Islam

BACA JUGA:Bisa Dicoba, 5 Ide Usaha di Pinggir Jalan dengan Modal Minim Untung Gokil

Tak hanya menjadikan ban lebih cepat aus, ternyata ukuran angin yang tidak sesuai juga bisa berdampak pada bagian-bagian ban yang membuat umur pakai menjadi semakin berkurang.

Tekanan yang tidak sesuai baik terlalu rendah dan terlalu tinggi juga akan memberikan dampak yang kurang baik, seperti berkurangnya daya cengkeram.

Tentunya, hal ini juga berpengaruh pada penarikan (traksi) dan stabilitas (keseimbangan) dari sepeda motor ketika digunakan.

Paling umum adalah ketika para pengendara tidak memperhatikan tekanan angin maka konsumsi bahan bakar akan semakin terasa lebih boros.

BACA JUGA:Mana yang Sehat, Air Galon atau Rebusan Air Keran?

BACA JUGA:Kegunaan Jeroan Ayam yang Tak Terduga, Apa Saja ?

Pasalnya, tekanan yang tidak sesuai ukurannya bisa menyebabkan terjadinya gesekan yang lebih kuat dari ban ke jalan sehingga mempengaruhi penggunaan bahan bakar yang jadi semakin boros.

Apabila tekanan angin pada ban motor terlalu kencang atau terlalu kempes hal ini bisa mengakibatkan risiko kecelakaan menjadi meningkat. Hal ini bisa terjadi karena apabila tekanan ban tidak sesuai, kontrol dan keseimbangan pada sepeda motor berisiko mengalami gangguan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: