Sebelum Dikurban, Hewan Ternak Wajib Diperiksa Kesehatan Secara Menyeluruh

Sebelum Dikurban, Hewan Ternak Wajib Diperiksa Kesehatan Secara Menyeluruh

CEK: Pihak dari Dinas Perikanan dan Pertanian (Disperkan) Lebong melakukan pengecekan terhadap kesehatan hewan kurban.-foto : dokumentasi-

RADARLEBONG.ID - Dinas Perikanan dan Pertanian (Disperkan) Lebong memastikan akan melakukan pengecekan terhadap kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 hijriah 2023 mendatang.

Hal itu dilakukan untuk memastikan hewan layak untuk dijual sehingga memenuhi syarat dalam berkurban. 

Kepala Disperkan Lebong, Hedi Parindo, SE melalui petugas Puskeswan, Drh. Ayu Budiarti mengatakan pengecekan kesehatan dilakukan secara menyeluruh terhadap hewan kurban.

Untuk memastikan hewan tersebut layak, Ayu menjelaskan pemeriksaan akan dilakukan secara menyeluruh termasuk kandang hewan . 

BACA JUGA:OPD Diminta Gerakkan ASN untuk Berqurban BACA JUGA:Sesuai SE Kemenag RI, Desa Ini Manfaatkan RPH untuk Sembelih Hewan Qurban

"Hewan kurban harus dalam keadaan sehat sebelum dijual, untuk itu kami akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Ini dilakukan untuk menghindari adanya daging kurban yang tidak layak beredar di Kabupaten Lebong," terang Ayu. 

Ayu membeberkan, setidaknya ada 4 pengepul atau penjual hewan kurban yang tercatat dalam data Disperkan.Yakni pengepul sapi di desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara, desa Gunung Alam Kecamatan Tubei, Kampung Muara Aman Kecamatan Lebong Utara dan Desa Bentangur kecamatan Uran Jaya. 

"Kalau data kami ada 4 pengepul yang tersebar di 4 Kecamatan. Sebelumnya kami akan koordinasikan dengan pihak Kecamatan mengenai jumlah hewan yang akan dijual pada Idul Adha mendatang," sambungnya. 

Lebih jauh, Ayu mengatakan bukan hanya sapi yang akan dilakukan pengecekan. Termasuk kambing, kerbau yang biasa dijadikan hewan kurban.Selain itu, petugas juga akan menonitor daging hewan kurban saat hari raya di tempat-tempat pemotongan hewan kurban. 

"Dibeberapa tempat pemotongan juga akan kami lakukan pemeriksaan sebelum didistribusikan ke masyarakat yang menerima daging hewan kurban," pungkas Ayu. (wlk)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: