ST 2023 Tinggal Menghitung Hari, BPS Lebong Latih 130 Petugasnya

ST 2023 Tinggal Menghitung Hari, BPS Lebong Latih 130 Petugasnya

BPS Lebong melatih 130 petugas ST2023.--

RADARLEBONG.ID - ST2023 atau Sensus Pertanian tinggal menghitung hari lagi yang akan serentak dilaksanakan 1 Juni 2023.

Namun, sebelum melakukan pendataan yang mencakup  7 subsektor yaitu tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perikanan, kehutanan, perkebunan, dan jasa pertanian. 

BPS Lebong melatih 130 petugas ST2023. Sensus pertanian ini dilakukan guna mengambil gambaran komprehensif kondisi pertanian Indonesia saat ini.

Kepala BPS Lebong, Yuniarto, S. Sip mengatakan sensus pertanian ke tujuh dimulai dengan melakukan pelatihan petugas lapangan yang dilaksanakan dari tanggal 22-30 Mei 2023 di Hotel Asri dan Hotel Dinda Ceria. 

BACA JUGA:Wujudkan Penyusunan Lebong Dalam Angka, BPS Lebong Gandeng OPD

BACA JUGA:Persiapan Susenas dan Seruti, BPS Lebong Gelar Pelatihan Petugas

"Saat ini kami masih melaksanakan kegiatan pelatihan petugas ST2023. Mereka (petugas,red) yang sudah mengikuti pelatihan nantinya akan turun ke lapangan melakukan pendataan yang mencakup 7 subsektor," ungkap Yuniarto. 

Dirinya menuturkan, pelatihan yang diberikan kepada para petugas sensus, terbagi menjadi 3 gelombang dengan total sebanyak 6 kelas.

Adapun jumlah petugas yang mengikuti pelatihan adalah sebanyak 130 orang dengan rincian 101 Petugas Pendataan Lapangan (PPL), 17 Petugas Pengawas Lapangan (PML), dan 12 Kordinator Statistik Kecamatan (Koseka). 

"Para petugas lapangan yang direkrut melalui open recruitment oleh BPS Lebong berdasarkan alokasi beban tugas yang telah ditetapkan," sampainya. 

BACA JUGA:Angka Kemiskinan di Lebong Meningkat, Ini Data dari BPS

BACA JUGA:Pacu Semangat Bekerja, 2 Pegawai BPS Lebong Diganjar Predikat Sebagai Pegawai Terbaik

Yuniarto menambahkan, kegiatan pelatihan ini dilakukan sebelum kegiatan sensus dengan tujuan agar setiap petugas lebih memahami konsep dan definisi serta pertanyaan-pertanyaan yang terkandung dalam kuesioner

sehingga dapat mengumpulkan data dengan baik sesuai tujuan sensus yang pada akhirnya dapat menghasilkan data yang berkualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: